Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat diharapkan dapat segera membangun tugu Sampan Menanjak sebagai salah satu ikon baru bagi kabupaten itu.

Adanya harapan untuk pembangunan tugu Sampan Menanjak sebagai icon baru terus disampaikan oleh sejumlah masyarakat di kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar).

Setelah Camat Sungai Raya Ikhsan Sukendar, kali ini Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) kecamatan Sungai Raya Musa Ansul Hamid. 

Musa menilai, sebagai kepala desa, tentu dirinya sangat mendukung semua kegiatan yang dilakukan pemerintah daerah, apalagi dengan adanya perlombaan Festival Kreasi (Fesra) Sampan Menanjak yang pertama kali digelar di Indonesia yaitu di kabupaten Kubu Raya.

"Jika Sampan Menanjak ini sebagai icon baru bagi Kubu Raya, saya fikir sudah saatnya Kubu Raya membangun tugu Sampan Menanjak di daerah ini," kata Ketua Apdesi Kecamatan Sungai Raya Musa Abdul Hamid di Sungai Raya, Sabtu.

Untuk itu dirinya berharap agar pemkab Kubu Raya secepat mungkin untuk membangun tugu Sampan Menanjak ini. Karena ini merupakan suatu hal yang baru di Indonesia.

"Apalagi dengan adanya perlombaan Fesra Sampan Menanjak,  tentunya belum ada satu daerahpun di Indonesia yang menggelar perlombaan ini kecuali di kabupaten Kubu Raya", katanya.

Menurutnya, Kubu Raya saat ini punya tagline Salam Menanjak dan Icon baru Sampan Menanjak, tentunya kedua kalimat Menanjak ini akan lebih lengkap lagi jika pemda Kubu Raya membangun monumen Sampan Menanjak.

"Monumen atau tugu Sampan Menanjak ini bertujuan untuk mengenang dan mengingat atas jasa dan ide kreatif dari bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan yang saat ini terus membawa nama Kubu Raya di level nasional karena prestasi, ide kreatif dan gagasan beliau sehingga Kubu Raya saat ini banyak dikenal daerah lain di Indonesia," katanya.

Kepala Desa Parit Baru itu menilai, dengan di bangunnya monumen tugu Sampan Menanjak ini, tentunya masyarakat Kubu Raya akan mengenang kembali kalau daerah ini pernah dijabarkan sosok bupati yang selalu punya ide kreatif untuk membahagiakan masyarakatnya.

"Selain warga, tentunya generasi Kubu Raya juga perlu tahu, kalau kalimat Salam Menanjak dan perlombaan Sampan Menanjak itu merupakan ide kreatif dari bupati Muda Mahendrawan. Bahkan orang  di luar kabupaten Kubu Raya Kalbar sudah tahu dan ingat, kalau Menanjak itu merupakan kalimat yang digaungkan bupati Muda Mahendrawan", katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022