Bupati Kayong Utara Citra Duani mengajak pelaku UMKM  segera membuat NIB (Nomor Induk Berusaha)  untuk mempermudah pinjaman di bank.
 
"Ajak para pelaku UMK semuanya pegang NIB, biar kalau mau ambil kredit di bank mudah. Ini bentuk kepedulian pemerintah daerah bersama mitra kerja dalam mengembangkan usaha mikro dan kecil di Kabupaten Kayong Utara," kata Citra Duani di Sukadana.

Selain itu juga menurutnya, yang tidak kalah penting agar para pelaku usaha untuk segera meningkatkan kualitas produk yang dijual, mulai dari kemasan, desain, dan material yang digunakan sehingga dapat segera masuk ke pasar- pasar nasional maupun ekspor.

"Kami selaku pemerintah daerah sebagai regulator, motivator dan fasilitator terus berusaha menjangkau sampai ke Desa-Desa sehingga berbagai usaha di Kayong Utara bisa terus berkembang,"jelasnya.

Penerbitan Perizinan Berusaha UMK (Usaha Mikro dan Kecil) dengan Sistem Online Single Submission (OSS) sangat penting  sehingga Pemda bekerjasama dengan HIPMI dan Bank Kalbar melaksanakan kegiatan  penerbitan NIB secara gratis bagi UMKM Kayong Utara.
salah satu pelaku usaha di Kabupaten Kayong Utara, Deden mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dengan memudahkan para pelaku usaha untuk memperoleh izin usaha.

"Terima kasih kepada pemerintah daerah, bapak Bupati, HIPMI Kayong Utara, yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, semoga kedepan lebih banyak lagi para pelaku usaha yang ikut terlibat, dan kami sangat terbantu dengan penerbitan izin usaha ini, sehingga kedepan dengan mudah mengembangkan usaha kami," ucap Deden.

Pewarta: Rizal

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022