Ketua Dharma Pertiwi, Hetty Andika Perkasa bersama Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo turun langsung ke Kalimantan Barat bertemu dan bertatap muka dengan masyarakat untuk sosialisasi  penurunan  stunting dan meninjau pelayanan Keluarga Berencana (KB).

"Kegiatan berupa road show  merupakan kolaborasi antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan BKKBN bersama mitra kerja dalam upaya percepatan penurunan stunting untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul Indonesia termasuk di Kalbar," kata  Hetty . di Pontianak, Rabu.

Dalam kegiatan  mulai pagi hingga sore di Kalbar itu beberapa agenda dilakukan Ketua Darma Pertiwi dan Kepala BKKBN, diantaranya  peninjauan pelayanan KB gratis kepada para akseptor di RSAU dr. Moh. Sutomo Supadio, Kubu Raya. KB gratis ini meliputi Metode Operasi Wanita (MOW) atau Tubektomi, Implant, IUD dan pelayanan Metode Operasi Pria (MOP), 

Kepada para akseptor yang hadir di RSAU dr Moh Sutomo, Hetty Andika Perkasa mengapresiasi banyak warga yang memilih MOW atau tubektomi untuk metode kontrasepsi. KB MOW merupakan salah satu metode kontrasepsi secara operatif untuk mencegah kehamilan.

"Kita saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan percepatan penurunan stunting dan saya melihat banyak akseptor yang memilih untuk MOW, ini bagus sekali," ungkap Hetty.

Tidak hanya itu, Hetty  juga menyempati diri menyambangi para pasien yang tengah dirawat di di RSAU dr Moh Sutomo. Disamping itu dirinya turut membagikan beberapa hadiah untuk para akseptor dan berpesan  untuk tetap menjaga kesehatan.

"Ibu-ibu jaga kesehatan yang MOW, MOP, cepat sembuh semuanya," ujar Hetty memberi semangat.

Setelah menyapa dan memotivasi para akseptor KB, rombongan Ketua Dharma Pertiwi bertolak ke Rumah Radakng, Kota Pontianak untuk memberikan motivasi kepada warga dan pemangku kepentingan untuk upaya percepatan penurunan stunting.

Di Rumah Radakng (Rumah Adat Dayak) rombongan  meninjau kegiatan sosialisasi Pekarangan Pangan Lestasi (P2L).  Dalam kesempatan tersebut  Hetty  menyerahkan secara simbolis bibit tanaman kepada ibu-ibu dari Persit KCK, PIA Ardhya Garini dan Jalasenastri serta PKK yang mengikuti sosialisasi.

Masih di Rumah Radakng,  istri Panglima TNI beserta rombongan meninjau demo memasak menu gizi seimbang bagi ibu hamil dan Baduta. Ketua Dharma Pertiwi juga memberikan bingkisan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bernutrisi kepada perwakilan ibu hamil dan Baduta serta Stunting Kids untuk Posyandu dan bantuan sosial untuk masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut juga dilepas  keberangkatan Tim Baksos yaitu para Babinsa, Babinpotmar, Babinpotdirga dan Bhabinkamtibmas untuk mendistribusikan bantuan ke wilayah binaannya masing-masing.

Kemudian sekitar pukul 15.00 WIB kunjungan kerja Hetty Andika Perkasa dan Kepala BKKBN di wilayah Provinsi Kalimantan Barat ditutup dengan kegiatan meninjau kerajinan dan peragaan busana di Gedung Dekranasda Kota Pontianak.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022