Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mengingatkan masyarakat pentingnya melakukan vaksinasi dosis ketiga atau booster terutama untuk menjaga kesehatan dalam mengantisipasi sebaran COVID-19 yang masih ada saat ini.

"Kita jangan lengah, bagi masyarakat yang belum vaksin ketiga segera vaksin, karena COVID-19 belum berakhir," kata Fransiskus Diaan, di Putussibau Kapuas Hulu, Kalbar, Selasa.

Fransiskus menambahkan, untuk bisa melaksanakan vaksinasi ketiga masyarakat bisa mendatangi puskesmas setempat yang tersebar di 23 kecamatan wilayah Kapuas Hulu.

Menurutnya, vaksin dosis ketiga atau booster itu tidak hanya untuk melindungi diri dari sebaran COVID-19, namun saat ini telah menjadi syarat bagi setiap orang yang hendak melakukan perjalanan jauh terutama penerbangan.

Dia mengatakan pemerintah terus berupaya agar seluruh masyarakat terhindar dari sebaran COVID-19, meskipun untuk saat ini kasus COVID-19 sangat jauh berkurang, akan tetapi ancaman penyakit menular itu masih tetap ada.

Yang perlu diwaspadai, kata Fransiskus yaitu apabila ada seseorang yang memiliki gejala atau penyakit bawaan terutama yang lanjut usia.

"Jika imun tubuh kita kuat, paling-paling kita hanya demam biasa disertai batuk pilek, tetapi bahaya bagi yang memiliki penyakit bawaan, apabila terkena COVID-19, maka akan memicu timbulnya berbagai penyakit," jelasnya.

Oleh karena itu, dia berpesan agar masyarakat yang belum melaksanakan vaksin ketiga, untuk segera vaksin demi mewujudkan masyarakat yang sehat dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat.
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022