Jaringan telekomunikasi di wilayah Sungai Ayak, Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau amburadul, dan kondisi ini sudah berjalan nyaris sebulan, meskipun sudah dikeluhkan warga. 

"Kondisi ini benar-benar memilukan, hal ini terjadi di jantung kota kecamatan belitang hilir. Penggunaan jaringan selular kini menjadi hal-hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari," kata seorang warga Sungai Ayak, Viktor, Jumat. 

Dia mengatakan, sebaiknya pihak penyedia jasa jaringan selular agar menambah menara BTS untuk memperkuat jaringan di jantung kota sungai ayak khususnya. Hal ini tentu mendukung kelancaran aktivitas warga yang sedikit banyak bergantung pada jaringan selular.

"Bagaimana mau lancar segala pelaku usaha online kecil-kecilan skala desa jika tidak ditunjang oleh jaringan selular. Kalau kita mengkonfirmasi ke call center semua operator pastinya dijawab anda berada di daerah jaringan yang bagus, padahal jika dipikir apakah pelanggan kurang kerjaan harus nelpon ke call center," ujarnya.

Sementara itu seorang warga Sungai Ayak lainnya, Thendy mengatakan, untuk Sungai Ayak sendiri sudah seharusnya memiliki layanan seperti indie home atau sejenisnya yang menggunakan kabel optik. Karena hal tersebut menunjang segala kelancaran komunikasi masyarakat dan usaha-usaha kecil seperti warung kopi.

"Jika beralasan menyeberangi Sungai Kapuas menjadi kendala, lalu kenapa diluar sana orang bisa membawa kabel optik menyebrangi lautan. Selama ada niat dari peyedia jasa tentu hal-hal seperti menyebrangi kapuas bukanlah kendala yang berarti," tutupnya.

Pewarta: Gansi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022