PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) menyalurkan program lingkungan PLN Peduli berupa penghijauan di Bumi Perkemahan Sabang Merah. Kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) tersebut dilaksanakan pada rangkaian acara Pembukaan Perkemahan Wirakarya 2022 yang bertempat di lokasi bumi perkemahan. (11/10)

Pada acara tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Harisson secara langsung mengapresasi PLN atas kontribusinya dalam menghijaukan bumi perkemahan. “Di Bumi Perkemahan Sabang Merah Kabupaten Sanggau ini, kita menyelenggarakan aksi penanaman seribu pohon. Hal ini juga sejalan dengan program pemerintah Kalimantan Barat yang merupakan bagian dari program nasional yaitu penanaman satu juta pohon,” ujar Harisson.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PLN dan Ketua Kwartir Provinsi Kalimantan Barat yang hari ini sudah melaksanakan penanaman pohon terutama atas penanaman pohon-pohon endemik dan produktif, saya kira untuk ke depannya hal ini akan sangat berguna untuk masyarakat Kalimantan Barat,” tuturnya.

Selain dihadiri oleh Sekda Prov Kalbar, acara tersebut jurut dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat, Ketua Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalbar, Kapolres Sanggau, Dandim Sanggau serta empat belas Kwartir Cabang Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Barat.

Dengan menggandeng Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Barat dan Dinas Lingkungan Hidup dan Hutan (DLHK) Provinsi Kalimantan Barat, PLN melakukan penanaman 1000 pohon yang terhampar di lahan seluas 2 hektar di lokasi Bumi Perkemahan Sabang Merah.

Proses persiapan program penghijauan telah dimulai sejak bulan Juni 2022, dimulai dengan persiapan dari survei penentuan lokasi penanaman, pembuatan sumber air baku, pemesanan bibit, pengerjaan sumur bor, persiapan lahan, bimbingan teknis hingga pembukaan lahan untuk penanaman pohon.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN karena sudah mempercayai kami dari Gerakan Pramuka sebagai pelaksana program penghijauan di lokasi bumi perkemahan dan juga memiliki komitmen untuk melestarikan alam di Kalimantan Barat,” ungkap Syarief Abdullah Alkadrie, Ketua Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalbar.  

Syarif menyatakan bahwa program PLN untuk memperbaiki ekosistem darat dengan rebosiasi ini sangatlah tepat. “Kami berharap semoga apa yang kita realisasikan bersama pada hari ini dapat menghasilkan yang terbaik untuk menjadikan Bumi Perkemahan Sabang Merah Kabupaten Sanggau sebagai kawasan terbuka hijau yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas,” ujarnya.

Faruq Suyuthi, Senior Manager Perizinan, Pertanahan, dan Komunikasi PLN UIP KLB mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselanggaranya program penanaman pohon ini.

“Kami berterima kasih khususnya kepada Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Barat karena kerja sama kita selama ini telah berjalan dengan baik untuk merealisasikan penghijauan ini. Kami berharap semoga apa yang kita tanam pada kegiatan ini dapat membuahkan hasil yang terbaik sehingga masyarakat dikedepannya dapat menikmati Bumi Perkemahan Sabang Merah ini,” ujar Faruq.

Pewarta: Rilis

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022