Festival Danau Sentarum di Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat akan dipusatkan di Lanjak Kecamatan Batang Lupar daerah perbatasan Indonesia dengan Malaysia, pada 1 hingga 4 Desember 2022.

Diketahui Festival Danau Sentarum merupakan agenda rutin Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dalam rangka mempromosikan potensi wisata Danau Sentarum dengan berbagai kearifan lokal di daerah tersebut.

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kapuas Hulu Ismunadi, kepada ANTARA, Minggu, mengatakan pelaksanaan Festival Danau Sentarum dipusatkan di Lanjak Kecamatan Batang Lupar dengan berbagai kegiatan yang telah dikemas untuk menarik perhatian wisatawan baik dari dalam dan luar negeri.

Dia menjelaskan, pelaksanaan Festival Danau Sentarum sempat direncanakan pelaksanaan pada Nopember 2022, namun dengan berbagai pertimbangan, akhirnya disepakati Festival Danau Sentarum digelar pada 1 sampai dengan 4 Desember 2022.

"Tentunya persiapan sudah kami lakukan bersama beberapa pihak terkait, termasuk koordinasi dengan pemerintah provinsi dan pihak Kementerian Pariwisata," jelasnya.

Disebutkan Ismunadi, dalam rangkaian Festival Danau Sentarum nantinya, akan ada beberapa kegiatan seperti Festival minum madu, lomba sampan, karnaval budaya, pameran produk masyarakat, lomba sumpit dan lomba pangka gasing, bersepeda dan pentas seni dan budaya adat istiadat masyarakat Kapuas Hulu serta hiburan.

"Berbagai kegiatan itu, akan dikemas dengan kearifan lokal, termasuk nanti juga ada ritual hingga menyusuri Danau Sentarum," jelasnya.

Menurut dia, Festival Danau Sentarum itu telah dipromosikan ke berbagai negara di dunia, dengan harapan akan banyak dikunjungi para wisatawan.

"Kami berharap masyarakat Kapuas Hulu khusus di sekitar kawasan Danau Sentarum dapat juga mempersiapkan diri, berikanlah yang terbaik untuk para wisatawan, karena pada akhirnya melalui Festival Danau Sentarum itu dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat," kata Ismunadi.

Danau Sentarum merupakan objek  wisatawan kebanggaan masyarakat Kapuas Hulu yang berada dalam kawasan Taman Nasional dan berbatasan dengan negara Malaysia, di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022