Ketua Komite BIMP-EAGA Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Ira Kusumawardani mengatakan pihaknya akan melakukan kerja sama dengan BIMP-EAGA Business Council (BEBC) dalam menghadapi dan menyukseskan Keketuaan RI untuk ASEAN 2023.

BIMP-EAGA adalah Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area, bentuk kerja sama dari beberapa negara ASEAN.

"Selain BIMP-EAGA Ministrial Meeting, dalam menghadapi ASEAN 2023, Kadin Indonesia BIMP-EAGA Komite dan BEBC juga akan bekerja maksimal dan menyukseskan ASEAN 2023 mendatang," kata Ira Kusumawardani saat menghadiri kegiatan pertemuan BIMP-EAGA di Sungai Raya, Kalimantan Barat, Kamis.

Dia menambahkan bahwa kerja sama antara Kadin Indonesia BIMP-EAGA Komite dengan BEBC telah dirumuskan oleh program-program dari BEBC Board Meeting diantaranya adalah konektivitas, perdagangan lintas negara, pariwisata, dan pasokan rantai pangan.

Kemudian, dalam waktu yang bersamaan, Kadin Indonesia BIMP-EAGA Komite juga akan memajukan ekonomi di 15 Provinsi Indonesia Timur.

"Dalam waktu yang bersamaan, kami juga akan memajukan ekonomi di 15 Provinsi Indonesia Timur, yaitu Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan mengundang banyak investor untuk datang ke Indonesia," katanya.

Selain itu, Kadin Indonesia BIMP-EAGA Komite juga akan mempromosikan Kadin net zero hub, meminimkan tingkat emisi dan juga mempromosikan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, mengundang para investor khususnya negara BIMP-EAGA untuk berinvestasi di IKN.

Selain itu, Ira Kusumawardani juga mengatakan bahwa Kemenko telah menunjuk Kadin Indonesia BIMP-EAGA Komite dalam rangka mengkoordinir BIMP-EAGA Bisnis Forum.

"Hasil dari bisnis forum itu tidak hanya bisnis networking, tapi juga membahas mengenai MoU atau Nota Kesepakatan antara Kadin Kalbar dengan Sarawak bisnis federasi, dan Kadin Kaltim dengan Sarawak bisnis federasi," kata Ira.

 

Pewarta: Rendra Oxtora dan Sucia Lucinda

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022