Sebanyak 506 atlet dari 15 Provinsi di Indonesia, Sabtu dan Mibggu, mengikuti kejuaraan menembak nasional "Tanjungpura Kubu Raya Shooting Championship" di lapangan tembak Kodam XII Tanjungpura.

"Turnamen memperebutkan Piala KSAD, Piala Pangdam XII Tanjungpura, Piala Perbakin Kalbar, serta Piala Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya. Kejuaraan tersebut diikuti sebanyak 506 atlet dari 15 Provinsi di Indonesia dan memperebutkan hadiah dengan total Rp 200 juta," kata Kasdam XII Tanjungpura Brigjen TNI Djauhari di Sungai Raya, Sabtu.

Djauhari menjelaskan, kejuaraan yang dijadwalkan berlangsung selama dua hari itu digelar di tiga tempat berbeda, yakni di Sport Center Kodam XII Tanjungpura, Lapangan Tembak Kompi Kavaleri 12/Macan Dahan Cakti (Kikav 12/MDC), dan Lapangan Tembak Batalyon Komando 465 Kopasgat.

Kejuaraan tersebut digelar dalam rangkaian peringatan Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat yang kolaborasi dengan Kodam, Perbakin Kalbar, dan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. Kejuaraan bertaraf Nasional ini diharapkannya dapat menjadi ajang unjuk kemampuan bagi para penembak, terutama penembak asal Kalimantan Barat.

"Pada event ini, kita mendatangkan dari PB Perbakin dan kejuaraan ini sudah masuk International Practical Shooting Confederation (IPSC) level satu. Nah, jadi, sudah luar biasa event ini untuk menguji atlet-atlet kita untuk bisa bersaing dengan atlet di luar Kalbar," tuturnya.

Ditempat yang sama, Ketua Perbakin Kalbar Dr. Masyhudi juga berharap agar para atlet Kalbar yang berpartisipasi dalam kejuaraan ini mampu menunjukkan masyarakat luas, bahwa penembak lokal juga mampu bersaing dengan penembak dari daerah lain.

"Saya menaruh harapan agar para atlet yang berpartisipasi pada kejuaraan ini, mampu menciptakan rekor-rekor baru dalam dunia menembak. Turnamen ini luar biasa sekali, ada piala KSAD, Perbakin, Pangdam, Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya," katanya.

Sementara Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengaku takjub sangat luar biasa, karena Kejurnas ini bisa disatukan dengan hari Juang Kartika serta menjadi magnet, bahkan sekali piala yang diperebutkan, seperti piala Perbakin Kalbar, gubernur, piala Pangdam, piala kasat maupun piala Bupati dan Wakil Bupati.

"Jadi sangat luar biasa, pesertanya juga dari kepulauan. Ini tentu levelnya akan meningkat dan memecah rekor baru dan juga untuk persiapan atlet-atlet yang lebih progresif lagi untuk ke depan," katanya.

Dia menambahkan, dengan tingginya animo peserta dalam mengikuti kejuaraan ini, mengapresiasi Kodam XII Tanjungpura dan Perbakin Kalbar atas kerjasamanya dalam menyelenggarakan turnamen penembak ini.

"Kita bahagia dan mengapresiasi Kodam dan Perbakin karena kejuaraan menembak Bupati dan Wakil Bupati Cup bisa disatukan dengan kejuaraan ini. Pesertanya juga sangat luar biasa dari 15 Provinsi," tambah Muda.

Hal senada diungkapkan Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mengatakan, kejurnas ini diikuti kurang lebih 15 Provinsi se-Indonesia.

"Kalau Kalimantan Barat hampir semua Kabupaten Kota mengirim mengikuti turnamen ini. Yang pasti ada belesan Provinsi yang ikut memeriahkan turnamen ini. Ini bentuk kolaborasi antara Pemerintah Kubu Raya dan Kodam XII Tanjungpura yang dikemas sebagai hari Juang TNI angkatan darat ," katanya.

Dia menambahkan, sebelumnya panitia menyampaikan kegiatan ini merupakan pesta rakyat manunggalnya TNI dan Rakyat. Kolaborasi ini merupakan wujud mengejawantahkan manunggalnya TNI dan Rakyat, termasuk UMKM.

"Mudah- mudahan turnamen ini berjalan dengan lancar hingga selesai. Sebenarnya hari ini ada atraksi pembebasan sandera. Namun karena cuaca tidak memungkinkan, kita tunda besok (Minggu, 3/12) untuk antraksinya," kata Sujiwo.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022