Personel satgas preventif operasi terpusat Lilin Kapuas Polda Kalbar melaksanakan pengamanan di gereja-gereja yang menggelar Misa di malam Natal di wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya dan sekitarnya. 

"Kami juga membantu kekuatan pada jajaran Polresta Pontianak dan Polres Kubu Raya dalam pengamanan Misa Natal bagi umat Kristiani," kata Direktur Samapta Polda Kalbar, Kombes (Pol) Permadi Syahid Putra di Pontianak, Sabtu.

Dia menjelaskan dalam pengamanan Misa malam Natal pihaknya juga mengerahkan unit K-9 dan anjing pelacak Sabhara Polda Kalbar yang juga didukung berbagai peralatan pendukungnya.

"Sebelumnya, unit K-9 juga melaksanakan sterilisasi di gereja-gereja baik yang berada di Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya secara bergantian bersama personel Gegana Brimob Polda Kalbar," katanya.

Sebelumnya, Kapolda Kalbar, Irjen (Pol) Suryobodo Asmoro menyatakan, jajaran Polda Kalbar fokus pada pengamanan sebanyak 1.050 gereja pada Operasi Lilin Kapuas 2022, yakni pengamanan Perayaan Natal dan Tahun Baru yang tersebar di 14 kabupaten/kota di Kalbar.

"Operasi Lilin Kapuas 2022 dimulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 dengan mendirikan sebanyak 68 pos pengamanan yang terdiri dari 38 pos pengamanan, 18 pos pelayanan, 8 pos terpadu, sementara untuk kegiatan peribadahan Gereja di Kalbar ada 6.154 Gereja. Namun yang menjadi prioritas yang betul-betul melaksanakan aktivitas keagamaan ada 1.050 gereja," katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya melibatkan 3.409 personel pada Operasi Lilin Kapuas 2022, yang terdiri dari 1.928 anggota Polda Kalbar, 300 personel TNI, dan 1.200 instansi terkait serta termasuk cadangan personel lainnya.

"Kemudian, kami juga melibatkan organisasi masyarakat yang ada seperti banser, ormas-ormas yang lainnya sebagainya dalam rangka sinergitas akulturasi untuk mengamankan kegiatan keagamaan sendiri maupun kegiatan lainnya termasuk di tempat-tempat pertokoan," ujarnya.

Hampir semua lokasi menjadi prioritas pengamanan, khususnya pada hari libur ini berkaitan dengan tempat-tempat hiburan yang paling ramai di Kota Pontianak, Singkawang, Sintang dan sebagainya.
 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022