Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan bersama Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y Kumontoy meninjau langsung Pos Pengamanan  (Pos Pam) Operasi Lilin Kapuas 2022 di malam perayaan Natal 2022. 

“Kami dari Pemkab Kubu Raya sangat mengapresiasi terhadap semua pihak yang telah memaksimalkan tanggung jawabnya untuk turut serta menjaga stabilitas dan kondusif menjelang hingga pelaksanaan Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Kubu Raya,” kata Bupati, Sabtu malam.

Muda mengatakan, Pemkab Kubu Raya bersama sejumlah pihak terkait terus berupaya menciptakan stabilitas dan kondusif khususnya menyambut perayaan Natal 2022 dan Tahun baru 2023.

Sejumlah titik lokasi sudah dipetakan untuk pengamanan secara maksimal, pada pelaksanaan ibadah di Malam Natal serta perayaan pergantian tahun.

"Melihat pelaksanaan pengamanan, semua terlibat selain dari kepolisian Polres Kubu Raya, tapi juga dari unsur TNI, Tim Medis, Satpol PP, Damkar dan ormas, saya sangat senang "kata Bupati.

Dalam kesempatan itu Muda mengajak semua masyarakat untuk bersama sama dalam menjaga ketertiban, supaya masyarakat yang melaksanakan hari raya Natal dan Tahun Baru dapat berjalan lancar.

Peninjauan bersama ini ke sejumlah kawasan Pos pengamanan mulai dari Bandara, tempat rawan kemacetan, rumah ibadah dan pusat keramaian.

Peninjauan Pos Pam di mulai di Pasar Parit Baru, kemudian ke rumah ibadah Geraja St Antonius dan Pos Pam Gaia Bumi Raya City Kubu Raya.

Pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 melibatkan dari unsur TNI Kodim 1207 Pontianak, Brimob Polda Kalbar, Polres Kubu Raya, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Pemuda Pancasila, dan Insan Banser Kabupaten Kubu Raya.

Sementara itu, Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H.Y Kumontoy, menjelaskan, pengamanan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 ini disiapkan sebanyak enam Pos Pam, yang terdiri atas empat Pos Pengamanan, satu Pos Pelayanan, dan 1 Pos Gabungan yang berada di titik-titik yang sudah dipetakan, serta personil sudah disebar di 84 Gereja di Kabupaten Kubu Raya.

"Kami dari  Polres Kubu Raya sendiri menerjunkan 100 personel, ditambah dukungan sebanyak 230 personel dari unsur TNI, Pemerintah dan Ormas yakni sekitar  total 330 personel." ungkapnya

Menurut Kapolres Kubu Raya, ada enam pos diantaranya Pos Pam Parit Baru , Pos Pam Pusat perbelanjaan GAIA Mall, Pos Pam Simpang Kapur,  Pos Pam Palabuhan Rasau Jaya, dan Pos Terpadu di Bandara Internasional Supadio. Tak hanya itu, kami juga memprioritaskan pengamanan di 84 Gereja di Kabupaten Kubu Raya.

Dalam kesempatan itu, Kapolres mengimbau, Jika masyarakat memerlukan informasi, bisa langsung menuju ke pos-pos tersebut.

Polres Kubu Raya juga fokus melakukan rekayasa lalu lintas khususnya di perempatan Jembatan Kapuas II, di Jembatan Kapuas II, dan perempatan Desa Kapur hal ini dilakukan lokasi tersebut kerap terjadi kemacetan lalu lintas, ungkapnya

"Sudah beberapa hari ini terjadi peningkatan volume kendaraan lokasi ini. Sehingga ini menjadi atensi kita. Jangan sampai terjadi kemacetan yang parah hingga mengganggu aktivitas masyarakat,” katanya.

Jerrold menegaskan keberhasilan pengamanan Operasi Lilin Kapuas 2022 merupakan tanggung jawab bersama. Sehingga diperlukan kerja sama yang baik dan solidaritas terhadap semua pihak terkait menjelang dan pelaksanaan Natal hingga perayaan malam pergantian tahun.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022