Wakil Bupati Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Wahyudi Hidayat mengatakan kegiatan Pramuka merupakan kegiatan positif sebagai benteng dalam mendidik mental Pancasila generasi muda dan menjaga NKRI.

"Saya minta kegiatan Pramuka itu rutin dilaksanakan untuk mencetak generasi muda yang kreatif dan inovatif dalam bingkai NKRI," kata Wahyudi Hidayat usai meresmikan Bumi Perkemahan Kirin Preya Desa Ujung Said Kecamatan Jongkong Kapuas Hulu, Jumat.

Baca juga: Wahyudi Hidayat ajak pramuka tanamkan jiwa Pancasila setia NKRI

Disampaikan Wahyudi, dengan adanya lokasi Bumi perkemahan di Desa Ujung Said Kecamatan Jongkong dapat menjadi tempat bermanfaat untuk mendidik generasi muda karena pramuka ini adalah benteng mendidik mental Pancasila menjaga NKRI serta menanamkan jiwa patriotisme kepada generasi penerus bangsa.

Menurutnya, kegiatan Pramuka mesti secara rutin dilaksanakan, hal itu juga dapat menjadikan benteng agar generasi muda tidak terjerumus ke dalam kegiatan negatif seperti pergaulan bebas serta penyalahgunaan narkotika di tengah perkembangan teknologi informasi saat ini.

"Jika generasi muda kita sudah memiliki mental Pancasila, maka mereka dapat menjadi benteng dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara dan terhadap dari paham-paham radikalisme," kata Wahyudi yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Kapuas Hulu.

 
Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Kapuas Hulu meresmikan dan membuka Bumi perkemahan Kirin Preya Desa Ujung Said Kecamatan Jongkong wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Kamis (5/01/2023). ANTARA/HO-Prokopim Setda Kapuas Hulu. (Teofilusianto Timotius)


Dikatakan Wahyudi, Bumi Perkemahan Kirin Preya Desa Ujung Said itu telah diinisiasi oleh Kodim 1206 Putussibau.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu merasa terbantu dengan adanya kolaborasi dalam mencetak sumber daya manusia generasi muda yang memiliki mental Pancasila.

Sementara itu, Dandim 1206 Putussibau Letkol Inf Sri Widodo mengatakan kegiatan Pramuka di Bumi Perkemahan Kirin Preya Desa Ujung Said tersebut sebagai tempat menambah dan menanamkan wawasan kebangsaan bagi generasi muda.

"Kita harapkan dengan adanya tempat bumi perkemahan itu menjadikan generasi muda yang bermanfaat bagi lingkungan masyarakat serta bangsa dan negara," katanya.

Baca juga: Revitalisasi Satuan Karya dukung Pramuka masuki dunia kerja

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023