Wakil Bupati Kapuas Hulu Kalimantan Barat Wahyudi Hidayat mengajak seluruh pengurus dan anggota pramuka Kapuas Hulu untuk menanamkan jiwa pancasila dan setia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Gerakan pramuka sebagai perekat persatuan dan kesatuan dengan jiwa pancasila dan setia terhadap NKRI," kata Wahyudi Hidayat, saat pelantikan pengurus Gerakan Pramuka Kecamatan Putussibau Selatan, di Putussibau Kapuas Hulu, Selasa.

Disampaikan Wahyudi, kegiatan gerakan pramuka juga dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda yang tangguh, menjadi generasi perekat antar sesama.

Dengan begitu setiap anggota pramuka akan memiliki moral, mental, dan budi pekerti yang bijaksana, menjadi manusia yang berjiwa pancasila, setia dan patuh kepada negara, tumbuh dan berkembang menjadi sosok manusia penerus bangsa dan siap menjaga keutuhan NKRI.

"Kepada seluruh pembina pramuka, sekolah sekolah, serta segenap anggota gerakan pramuka, teruslah berkreasi dan berkarya dalam wadah gerakan pramuka," kata Wahyudi yang juga merupakan sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Kapuas Hulu.

Menurutnya, gerakan pramuka juga mencetak generasi muda sebagai generasi penerus bangsa yang tangguh dan berdaya saing.

"Pramuka harus memiliki kontribusi dalam mengisi kemerdekaan serta peka dan peduli terhadap kesulitan sosial kemasyarakatan," ujarnya.

Dia juga berpesan, agar anggota pramuka menjadi contoh di tengah masyarakat dalam mempertahankan ideologi negara yaitu pancasila.

"Selalu gelorakan semangat patriotisme dan nasionalisme, menjadi contoh di tengah masyarakat," katanya.

Baca juga: Wahyudi Hidayat ajak masyarakat terapkan pola hidup sehat

Baca juga: Wahyudi Hidayat sebut transportasi sungai harus miliki dokumen status hukum

Baca juga: Wahyudi Hidayat: Maulid Nabi momentum sebarkan kebaikan

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022