Dosen Prodi D IV Tehnik Multimedia Politehnik Sambas (Poltesa) Uray Heri Mulyanto mengakui Poltesa banyak mendapat masukan dengan menempatkan setiap tahunnya para mahasiswa untuk magang di Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA Biro Kalimantan Barat.  

“Kami memilih ANTARA untuk menempatkan mahasiswa kami disini, karena memang banyak memberi masukan kepada Poltesa dan ini sudah merupakan tahun kelima. Dan banyak mahasiswa kami memilih untuk menimba ilmu di LKBN ANTARA Kalbar,” kata Uray saat bertandang ke Kantor LKBN ANTARA Kalbar di Pontianak, Kamis.

Uray mengatakan, dengan magang seperti ini maka pihaknya ingin agar para mahasiswa itu mendekatkan diri dari ilmu yang didapatnya selama di kampus.

“Jadi kemampuan yang sudah didapatkan oleh para mahasiswa ini dapat diimplementasikan di dunia kerja melalui bimbingan dan serapan ilmu di LKBN ANTARA ini. Apalagi LKBN ANTARA dalam hal ini selalu memberi ruang kepada kami,” ungkap Uray.

Ia menambahkan, dengan kegiatan magang seperti ini juga yang memberi informasi bagi Poltesa untuk membekali mahasiswanya seperti dalam membuat portal berita.

“Portal berita ini  yakni harus memiliki keterampilan skil (hard skill) seperti disain grafis, editing foto dan lain sebagainya. Dan ini harus dikuasi oleh para mahasiswa kami segala ilmu yang telah ditularkan ANTARA, agar ini menjadi bekal bekerja mereka nantinya. Dan bagi kami kerjasama dengan LKBN ANTARA serta ilmu yang di dapat ini dapat menjadi masukan untuk perbaikan kurikulum belajar di kampus kami,” ujar Uray.  

Sementara itu, Kepala Biro LKBN ANTARA Kalbar, Evy R. Syamsir membenarkan pihaknya selalu memberi peluang bagi Poltesa untuk menempati para mahasiswanya magang di Kantor LKBN ANTARA Kalbar.

“Disini para mahasiswa yang magang tidak hanya dari Poltesa saja, tahun lalu juga ada yang berasal Universitas Tanjungpura (Untan) bahkan ada yang berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Kalbar,” ujar Evy.

Dikatakannya, sesuai ilmu yang di dapat di kampus atau sekolahnya masing-masing, ANTARA Kalbar membimbing dengan serius hingga setiap mahasiswa magang ini dapat mengerti berbagai teknis yang menyangkut kerja-kerja jurnalis.

“Seperti hari ini, para mahasiswa magang ini kami beri materi sebelum mereka melakukan kerja lapangan untuk melakukan liputan dan sebagainya, maka mereka kami beri bagaimana cara wawancara, bagaimana menjaga ettitude (sikap) dalam melakukan kerja-kerja jurnalis,” tutup Evy.

Tiga mahasiswa semester 6 di Prodi Tehnik Multimedia Poltesa mengikuti program magang kerja di ANTARA. Kegiatan magang akan berlangsung selama dua bulan, terhitung sejak 1 Februari kemarin.

Baca juga: Poltesa dapat peringkat akreditasi institusi baik sekali dari BAN-PT

Baca juga: Perum LKBN Antara perkuat kerja sama Politeknik Negeri Sambas gali potensi perbatasan

Baca juga: Politeknik Negeri Sambas - PMB Sarawak jalin kerjasama perkuat bidang akademis

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023