Peringati bulan K3 Nasional, PLN UID Kalbar gelar apel di halaman Kantor PLN UID Kalbar Jalan Adi Sucipto KM 7,3 Sei Raya, pada Kamis tanggal 9 Februari 2023 lalu.

Kegiatan apel Bulan K3 Nasional yang dihadiri oleh seluruh karyawan PLN UID Kalbar , PLN UP3 Pontianak, PLN UP2D Kalbar, Tenaga Layanan Teknik, dan Mitra Kerja PLN ini merupakan momentum untuk mengingatkan seluruh karyawan akan pentingnya aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) guna terciptanya lingkungan kerja yang aman, efisien, dan produktif. Pelaksanaan apel ini juga dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk membentuk dan mewujudkan _safety culture_ di perusahaan.

Di hadapan para peserta upacara, General Manager PLN UID Kalbar, Mochamad Soffin Hadi, meminta agar seluruh jajaran, baik pegawai maupun tenaga alih daya  selalu mengedepankan aspek K3 dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sehari-hari, saling mengingatkan dan mewujudkan budaya K3 dilingkungan PLN UID Kalbar. 

"Ayo kita terus berupaya untuk meningkatkan kepedulian terhadap aspek-aspek K3. Alat Pelindung Diri dan peralatan kerja Wajib dicek secara berkala, singkirkan apabila memang sudah tidak layak. Tidak boleh ada lagi kecelakaan kerja di PLN," tutur Soffin.

Ia juga meminta seluruh mitra kerja terus bersinergi dengan PLN dalam mewujudkan _Zero Accident_ dilingkungan PLN UID Kalbar. Para petugas yang bekerja melayani pelanggan di lapangan wajib mematuhi peraturan dan norma-norma K3 yang berlaku khususnya di PLN.

"Untuk pekerjaan dalam ketinggian wajib menggunakan _full body harness,_ apabila melanggar maka pekerjaan wajib dihentikan, dan bisa dilanjutkan kembali setelah aturan dan ketentuan yang berlaku dilaksanakan," tegas Soffin.

Selain melaksanakan apel, dalam rangkaian Bulan K3 Nasional Tahun 2023 ini, PLN UID Kalbar beserta seluruh unit layanannya melaksanakan kegiatan antara lain ; Melakukan  Penandatanganan Komitmen K3, pemasangan bendera, spanduk, banner K3,    melakukan edukasi K3 internal pegawai, sosialisasi penyakit akibat kerja, _Safety Talk_ dengan peserta pegawai dan mitra kerja PLN, senam pekerja  serta sosialisasi keselamatan ketenagalistrikan kepada masyarakat umum.

Selain itu juga dilaksanakan kegiatan yang bersifat implementatif, yaitu ; Sosialisasi keselamatan instalasi pelanggan, simulasi tanggap darurat, penggunaan _Fire Hydrant,_ APAR dan APAT, _Fire Drill Competition._

Pewarta: Rilis

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023