Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak, Deni Nuliadi mengatakan usai mendapatkan serah terima kirab Pemilu 18 bendera partai politik peserta Pemilu 2024 dari KPU Kalimantan Barat, pihaknya selama tujuh hari akan melaksanakan kirab pemilu di lima kecamatan yang ada di Kota Pontianak.

“Hari ini kami melaksanakan serah terima kirab pemilu dan kegiatan ini dalam rangka memperingati satu tahun sebelum hari pemungutan suara di tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Dan setelah kami kirab di Kota Pontianak kemudian 18 bendera partai politik ini akan kami serahkan ke KPU Kubu Raya,” kata Deni di Pontianak.

Deni menyebutkan, di Kubu Raya kirab pemilu itu juga akan dilakukan selama tujuh hari dan begitu seterusnya akan juga dilakukan di kabupaten/kota se Kalbar yang nanti akan disinggahi kirab pemilu dengan 18 bendera partai ini. Dan kirab pemilu ini akan berakhir di Jakarta pada November 2023.

“Untuk di Kota Pontianak, saat menerima penyerahan kirab pemilu ini kami mengundang seluruh Forkopimda Kota Pontianak dan 18 pimpinan partai politik peserta pemilu 2024, pihak terkait, pemilih pemula, warga disabilitas dan tokoh masyarakat Kota Pontianak untuk menyaksikan langsung serah terima kirab pemilu ini,” tutur Deni.

Terkait persiapan tahapan pemilu 2024, Deni menjelaskan KPU Kota Pontianak saat ini sedang melakukan proses pemutakhiran data pemilih. Proses ini akan dimutakhirkan oleh panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) dengan melakukan pencoklikan.

“Proses coklik ini akan dilakukan selama satu bulan, kemudian hasil pencoklikan itu akan menjadi daftar pemilih sementara,” ujar Deni.

Setelah itu lanjutnya lagi, KPU Kota Pontianak sedang melaksanakan verifikasi faktual dukungan para calon perseorangan atau bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Dan proses verifikasi ini masuk dalam tahap verifikasi faktual  pertama.

Baca juga: DPRD Pontianak minta KPU Kalbar fasilitasi penolakan coklit di Perumnas IV

Baca juga: 87 anggota PPS se-Kota Pontianak dilantik

Baca juga: Pemkot Pontianak minta PPK netral pada Pemilu 2024

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023