Eco Bhinneka Muhammadiyah Regional Kalbar mengajak organisasi pemuda untuk gencar melakukan kampanye pelestarian lingkungan melalui penulisan artikel dan video kreatif dalam rangka menciptakan pola hidup berkelanjutan demi keadilan iklim bagi semua.

"Pola hidup berkelanjutan sendiri pada dasarnya adalah sebuah konsep tentang gaya hidup yang mengupayakan praktik baik dalam menjaga lingkungan. Untuk kampanye kami mengajak melalui artikel dan video kreatif. Untuk itu kami hadirkan lokakarya penulisan artikel media dan video kreatif," ujar ECO Bhinneka Muhammadiyah Regional Kalbar, Octavia Shinta Aryani di Pontianak, Sabtu.

Ia menjelaskan bahwa keadilan iklim menjadi topik yang semakin hangat seiring dengan berkembangnya masalah lingkungan di kalangan masyarakat dunia. Bumi sebagai tempat tinggal bersama tentu menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat secara bersama.

"Setiap kalangan, baik dari sektor swasta, pemerintah, perorangan maupun kelompok masyarakat lainnya seperti kelompok muda, pemuka agama, dan perempuan dengan pandangan keagamaan, keyakinan dan kepercayaan yang berbeda secara bersama-sama melindungi dan memperbaiki kerusakan lingkungan. Salah satu kampanye pola hidup berkelanjutan," papar dia.

Ia menambahkan bahwa di era globalisasi saat ini pemilihan produk komunikasi yang tepat dapat menjadi sarana yang efektif dan efisien untuk menemui target yang dituju dengan menentukan media atau produk komunikasi yang tepat.

"Produk komunikasi menjadi lebih menarik, umumnya ditampilkan dalam bentuk tulisan, audio, visual maupun audio visual. Produk komunikasi yang saat ini berkembang seperti video, foto, podcast, berita, artikel, opini, poster, pamplet dan konten kreatif lainnya.

Workshop penulisan artikel media dan video kreatif untuk kampanye media yang menyasar organisasi kepemudaan di Kalbar diharapkannya bisa memfasilitasi peserta dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya dalam menulis artikel media untuk kampanye media sebagai bentuk produk komunikasi dengan kualitas yang baik sehingga layak dipublikasikan.

"Diharapkan peserta yang ditargetkan berasal dari kalangan orang muda dan perempuan dari berbagai agama ini dapat menjadi agen perubahan turut mengkampanyekan upaya generasi milenial menciptakan pola hidup berkelanjutan demi keadilan iklim bagi semua," ucap dia.

Sebelumnya, Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengutarakan bahwa negara yang bisa menjaga lingkungan hidup akan menguasai ekonomi dunia. Sebab ekonomi hijau merupakan menjadi modal pembangunan ekonomi yang didasarkan pada pembangunan berkelanjutan dan pengetahuan ekonomi ekologis atau lingkungan.

"Kalau kita bicara lingkungan, saya dari Wali Kota dulu, meyakini bahwa ke depan itu negara yang bisa menjaga lingkungan hidup dalam bentuk apapun, maka itulah negara yang bisa menguasai ekonomi dunia,” kata Sutarmidji.*

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023