Guna meringankan para korban banjir, anggota TNI yang di pimpin langsung oleh Komandan Rayon Militer (Danramil) 05/Pemangkat Kapten Inf. Karyadi beserta Musywarah Pimpinan Kecamatan (Muspincam) Pemangkat menyalurkan bantuan berupa paket Sembako kepada warga di Desa Gugah Sejahtera Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

"Selain menyalurkan bantuan, kami beserta Muspincam Pemangkat juga lansung turun ke lokasi bencana banjir guna memantau warga dan memastikan situasi wilayah terdampak banjir  di Desa Gugah Sejahtara," kata Kapten Inf. Karyadi di Sambas, Kamis.

Danramil 05/Pemangkat itu mengatakan, banjir itu terjadi akibatkan curah hujan yang deras dengan durasi cukup lama. Hal itu mengakibatkan terhambat nya  aktifitas warga Desa Gugah Sejahtera.

"Kepada para korban terdampak banjir itu kami membagi-bagikan bahan makanan berupa beras, telor dan mie Instan. Pembagian tersebut disesuaikan dengan jumlah warga yang terkena banjir,” terang Danramil 05/Pemangkat.

Menurut Danramil akibat banjir warga banyak yang tidak masak karena rumahnya terendam banjir yang masuk ke dalam rumah warga tersebut.

“Dengan bantuan ini kami berharap dapat meringankan beban masyarakat terdampak banjir, meski masih belum bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, tetapi pembagian sembako ini setidaknya bisa membantu warga yang kesulitan selama banjir,” ujar Kapten Karyadi.

Sementara itu beberapa waktu lalu Bupati Sambas, Satono di dampingi Dandim  1208 Sambas Letkol Inf Dadang Armada Sari juga melakukan peninjauan langsung ke lokasi banjir di Desa Gugah Sejahtera. 

"Banjir itu terjadi karena kondisi bendungan Paggong ini telah tua ditambah lagi debit air dan curah hujan cukup tinggi sehingga bendungan itu meluap karena tidak mampu lagi menampung air hujan yang turun dalam beberapa hari ini," tutup Bupati Sambas.  

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023