Ketua Forum Komunikasi Meriam Karbit Seni dan Budaya Pontianak Fazri Udin mengatakan persiapan Festival Meriam Karbit 2023 di Kota Pontianak sudah mulai dilakukan dan dalam perhelatan yang sempat vakum tiga tahun akhirnya akan kembali dilaksanakan dengan menghadirkan total hadiah Rp44 juta.

"Untuk hadiah kali ini cukup besar dari tahun sebelumnya. Pada kegiatan sebelumnya total hadiah hanya Rp15 juta namun tahun ini naik menjadi Rp44 juta total hadiah yakni juara pertama akan mendapatkan Rp15 juta, juara dua Rp10 juta, juara tiga Rp7 juta, juara empat  Rp5 juta  dan juara lima Rp4 juta, dan juara enam Rp3 juta," ujarnya saat menyampaikan susunan kegiatan Rapat Kordinasi Persiapan Festival Meriam Tahun 2023 di Pontianak, Kamis.

Fazri juga menyebutkan syarat untuk ikut festival ini minimal harus memiliki lima Meriam balok, bagi meriam yang terbuat dari paralon ataupun besi tidak dapat mengikuti festival ini.

Festival Meriam Karbit total ada 157 Meriam yang akan memeriahkan acara ini, untuk Pontianak Timur Sendiri akan ada sekitar 83 Meriam serta Pontianak Selatan Tenggara akan ada sekitar 74 Meriam yang diikuti oleh 27 kelompok dan dilaksanakan di 27 titik.

"Kegiatan ini akan dilaksanakan di 27 titik, Untuk di Pontianak Timur ada 15 titik dari Jalan Bugis, Tambelan Sampi, Banjar Serasan sampai ke Parit Mayor dan untuk Pontianak Selatan Tenggara berjumlah 12 titik dari dekat jalan Barito sampai ke Gang Soisal di Imam Bonjol." kata Fazri.

Rencana lokasi posko Festival Meriam Karbit kali ini diacu oleh Remaja Surau Suada (RESDA) Kelurahan Banjar Serasan Tepatnya di jalan Yusuf Karim Kecamatan Pontianak timur.

Panitia Festival Meriam karbit juga berkoordinasi dengan Kapolresta, Basarnas, Dishub dan Lembaga kesehatan untuk bersama sama menjaga keamanan, ketertiban, dan keselamatan saat kegiatan berlangsung.

Di tempat yang sama Wakil Walikota Pontianak Bahasan juga menghimbau agar koordinasi antara panitia dan para aparat juga dapat berjalan dengan baik.

"Kalau di lihat lokasi kegiatan kelihatannya bakalan kewalahan nanti, pengamanannya kewalahan terus akses area parkir tamu yang akan datang, cara memilahnya juga akan membutuhkan tenaga ekstra untuk bisa tertib ataupun bisa nyaman" ujar dia.

Pewarta: Ryan

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023