Sebanyak 22 ribu lebih orang telah mengunjungi kawasan wisata Pantai Pulau Datok,  Sukadana, Kabupaten Kayong Utara selama liburan Lebaran  2023. 
 
Tingkat kunjungan ini pun dinilai lebih banyak dari tahun sebelumnya  jika dilihat dari tiket yang terjual oleh pihak pengelola kawasan yang pernah menjadi tempat perhelatan Sail Selat Karimata pada 2016 silam tersebut.
 
"Tahun ini lebih ramai dari tahun lalu kalau dihitung dari tiket yang terjual tahun 2022 itu 13.400 orang sedangkan tahun ini 14.400 orang. Namun yang masuk ke pantai itu bisa mencapai 22.000 pengunjung untuk tahun ini," kata Pejabat Fungsional Dispora Kayong Utara Edi Rudiyanto saat dihubungi, Rabu.
 
Menurutnya kunjungan ke Pantai Pulau Datok puncaknya pada hari ke-dua Idulfitri, diperkirakan mencapai 9.500 orang yang datang ke Pantai Pulau Datok,  yang didominasi oleh warga Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.
 
"Alhamdulillah, keamanan di kawasan Pantai Pulau Datok bisa kita jaga bersama dengan melibatkan polisi dan TNI setempat," kata dia.
 
Bakri Rahman selaku ketua penyelenggara acara mengatakan bahwa hiburan di Pantai Pulau Datok dengan bekerja sama dengan Komunitas Brotherhood KKU-Ketapang untuk menghibur pengunjung saat berlibur di Pantai Pulau Datok.
 
"Ini merupakan salah satu upaya kami dalam meningkatkan minat pengunjung di Pantai Pulau Datok terlebih saat momentum libur lebaran," kata Bakri saat ditemui di sela-sela acara.
 
Terkait tiket masuk, dia menyebutkan setiap pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp20.000 untuk orang dewasa. Namun, bagi anak-anak pihak penyelenggara tidak memungut biaya alias gratis.
 
"Untuk tiket parkir kendaraan bermotor dikelola oleh pihak Desa Sutera dengan tarif sebesar dua ribu rupiah untuk motor. Kalau mobil lima ribu rupiah," ucapnya.
 
Bakri berharap pergelaran musik ini berlangsung meriah dan berjalan lancar sehingga para pengunjung di Pantai Pulau Datok dapat terhibur dan menikmatinya.
 
"Semoga acara ini dapat memberikan nuansa berbeda bagi para pengunjung di Pantai Pulau Datok khususnya saat momen libur lebaran tahun ini," ungkapnya. 
 
Lebih lanjut, dirinya menyampaikan ucapan terimakasih kepada para pihak yang telah mendukung terselenggaranya pergelaran musik di Pantai Pulau Datok.
 
"Terimakasih kepada Haji Soleh selaku pensuport acara, kemudian New Family Group Music, artis penyanyi dari Kabupaten Kayong Utara, Ketapang, Pontianak serta Disporapar KKU, Polres Kayong Utara, Dishub KKU, Bappeda KKU, BPKAD KKU, Pol PP KKU, dan Dinkes KKU," tutup Bakri. 

Pewarta: Rizal Komarudin

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023