Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo mengatakan peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) menjadi kesempatan untuk merefleksikan kembali komitmen bersama guna mewujudkan pemerintah daerah yang baik, bersih, transparan, dan akuntabel.

"Dengan adanya otonomi daerah, transparansi dan partisipasi publik menjadi dasar dan tolok ukur utama dalam setiap pengambilan kebijakan; sehingga dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat," kata Kustini saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kartini ke-144 dan Hari Otda ke-27 di Lapangan Pemda Sleman, Yogyakarta, Jumat.

Dalam Hari Otda ke-27, yang mengusung tema "Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul", Kustini mengajak seluruh elemen di Pemda Sleman untuk menggali potensi daerah dalam memacu percepatan pembangunan.

Sementara terkait peringatan Hari Kartini, dia berharap kesempatan semakin terbuka bagi perempuan untuk berdaya dan mengambil peran yang sama dengan laki-laki, baik dalam keluarga, masyarakat, sosial, dan negara.

Kustini mengatakan Pemkab Sleman terus memberikan dukungan untuk meningkatkan peran perempuan dalam berbagai bidang pembangunan. Hal itu ditunjukkan dengan angka Indeks Pembangunan Gender Tahun 2022 sebesar 96,36 poin.

"Perempuan memiliki peran strategis dalam menyukseskan pembangunan. Perlu diingat bahwa setiap arah pembangunan sangat membutuhkan peran dan kontribusi perempuan, contohnya adalah penurunan prevalensi stunting, pencegahan kekerasan jalanan, dan pemberdayaan keluarga," ujarnya.

Dalam suasana peringatan Hari Kartini, Kustini juga menerima buku "Deru Kartini Sleman 2023" karya Athiful Khoiri.

Usai upacara, Kustini dengan didampingi Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Harda Kiswaya menyerahkan Penghargaan Penilaian Kinerja Perangkat Daerah Tahun 2022.

Terdapat tiga perangkat daerah yang memperoleh nilai terbaik, yakni Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan; Dinas Pertanahan dan Tata Ruang; dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, Hilaria Yusnani menghadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVI Tahun 2022 secara virtual di Ruang Rapat Bupati, Sukadana.

Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVI Tahun 2022 mengangkat tema “Dengan semangat otonomi daerah kita wujudkan ASN yang proaktif dan berakhlak dengan membangun sinergi pusat dan daerah dalam rangka mewujudkan Indonesia emas 2045”.

"Dengan adanya otonomi daerah versi baru ini, pemerintah pusat melimpahkan sebagian kewenangan kepada pemerintah kabupaten, ini bertujuan supaya percepatan pembangunan sehingga pembangunan dapat lakukan adil dan merata," kata Sekda Hilaria.

Selain itu, dengan otonomi daerah maka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) kepegawaian terkait urusan yang menjadi kewajiban diserahkan kepada pemerintah daerah.

"Jadi hari ini tanggal 25 April 2022, kebetulan dengan peringatan otonomi daerah ke 26 tentunya perjalanan waktu yang sudah cukup panjang, pelaksanaan otonomi daerah ini diharapkan sudah memberikan banyak perubahan terutama dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat tentunya diikuti dengan kemampuan ASN yang memberikan pelayanan," ungkap Hilaria.

Pasalnya, roda penggerak dari sebuah organisasi adalah SDM maka harus memiliki motivasi, integritas serta memiliki kapasitas yang cukup sebagai ASN sehingga mampu bersaing baik lokal hingga nasional. Baca selengkapnya: Otonomi daerah sebagai percepatan pembangunan yang adil dan merata

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023