Wali Kota Pontianak Edi Rusti Kamtono menilai Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) memegang peran penting dalam memajukan tata kelola pemerintahan kota dengan perjuangkan kepentingan pemerintah kota di berbagai forum dan lembaga. 

"Bentuk peran penting APEKSI yaitu dengan memperjuangkan kebijakan dan anggaran yang mendukung pembangunan dan pelayanan publik di tingkat kota, sehingga suara dan aspirasi pemerintah kota dapat didengar dan diperhatikan oleh pihak-pihak terkait," kata Edi usai menghadiri malam Syukuran HUT ke-23 APEKSI di Palembang, Rabu.

Wali Kota Pontianak berharap seiring dengan bertambahnya usia, APEKSI dapat menjadi wadah kolaborasi antar pemerintah dalam mengembangkan dan memajukan kota.

"Bersama kolaborasi anggota APEKSI ini, harapannya bisa menjalin komunikasi antara pemerintah provinsi dan pemerintah dan mendorong terciptanya inovasi dalam pengembangan kinerja pemerintah kota di Indonesia," kata Edi.

Rangkaian HUT ke-23 APEKSI yang di hadiri Wali Kota Pontianak itu digelar mulai tanggal 6 hingga 9 Juni 2023 di Palembang. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, HUT APEKSI tahun ini diisi dengan berbagai agenda, di antaranya seminar nasional, dialog kebijakan nasional, ladies program, talkshow, job fair, olahraga dan penanaman pohon.

Di tempat yang sama Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Bima Arya Bima mengatakan jelang berakhirnya masa jabatan wali kota, yang ingin diperjuangkan seluruh wali kota adalah legasi.

"Apa yang telah diukir masing-masing dengan segala legasi nya, akan dikenang hingga kepemimpinan ke depan," kata Bima.

Dalam kesempatan itu, Bima juga mengingatkan bahwa meskipun masa jabatan para wali kota akan berakhir, namun tali silaturahmi dan persahabatan harus terus terjalin.

"Jadi wali kota ada ujungnya, jadi gubernur dan ketua DPRD juga ada akhirnya, tetapi kami sangat berharap tali persahabatan sampai akhir hayat," tutup Bima.

Pewarta: Slamet Ardiansyah dan Ananda Alifia Putri

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023