Komando Distrik Militer (Kodim) 1205 Sintang, Kalimantan Barat meningkatkan kesadaran generasi muda terkait bela negara melalui kegiatan pramuka Persami Saka Wira Kartika.

"Melalui kegiatan pramuka kita ingin wujudkan generasi muda yang memiliki kesadaran dan kemampuan untuk bela negara," kata Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 1205 Sintang Kapten Inf Didik, di Sintang, Selasa.

Disampaikan Didik, melalui kegiatan Persami Saka Wira Kartika Kodim 1205/Sintang, pihaknya memberikan pembekalan terkait bela negara kepada sejumlah pelajar yang tergabung dalam kegiatan pramuka tersebut.

Menurutnya, generasi muda merupakan penerus bangsa sehingga perlu ditanamkan dan ditingkatkan kesadaran kaum muda terkait bela negara.

Dikatakan dia, keterampilan dan kemampuan bela negara sangat penting untuk menumbuhkan rasa patriotisme untuk menjaga kedaulatan NKRI.

"Di tengah perkembangan teknologi saat ini pembinaan terhadap generasi muda dalam bela negara penting dilaksanakan agar mereka tidak terpengaruh oleh paham-paham luar yang berpotensi mengancam kedaulatan NKRI," kata Didik.
 
Kegiatan Persami Saka Wira Kartika Kodim 1205 Sintang dalam rangka meningkatkan kemampuan bela negara bagi generasi muda di Sintang, Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Pendim 1205 Sintang. (Teofilusianto Timotius)


Dia berpesan agar generasi muda senantiasa memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara melalui kemampuan dan keterampilan yang dimiliki.

Selain itu, generasi muda juga diminta untuk menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan dalam mempertahankan ideologi pancasila dan keutuhan NKRI.

Sementara itu, Dhea salah satu peserta yang merupakan siswi kelas XII SMA Negeri 3 Sintang mengaku sangat senang dan puas mengikuti kegiatan Persami Saka Wira Kartika tersebut.

Dia mengaku melalui kegiatan Persami dapat menambah pengalaman dan pengetahuan tentang Bela Negara.

"Kami berharap kegiatan itu terus diselenggarakan, agar kami memahami serta dapat mengimplementasikan tentang pengetahuan bela negara," pintanya.

Baca juga: Marinir bisa beri wawasan bela negara di Kampung Bahari Nusantara

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023