Wali Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Edi Rusdi Kamtono, mengatakan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) memiliki peran strategis untuk sinergi kemampuan pemerintah daerah (pemda) dalam satu wadah dan saling mendukung dalam penyelesaian berbagai persoalan di daerah.

"Apeksi sangat membantu memperjuangkan kepentingan pemerintah kota di berbagai forum dan lembaga nasional, sehingga suara dan aspirasi pemerintah kota (pemkot) dapat didengar dan diperhatikan oleh pemerintah pusat," ujarnya saat dihubungi di sela kegiatan Rakernas Apeksi XVI di Makasar, Rabu.

Dengan hadirnya Apeksi, lanjutnya, bisa mengkonsolidasikan kekuatan kota-kota di Indonesia untuk maju bersama. "Konsolidasi kekuatan kota di Indonesia penting untuk kita maju," ucapnya. 

Dalam Rakernas XVI di di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, yang digelar pada 10 hingga 14 Juli 2023, selain Dekranasda Pontianak, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak juga mengirimkan utusan pemuda untuk mengikuti Youth City Changer (YCC) dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis.

Ia berharap pelaksanaan Apeksi di Kota Makassar  menjadi wadah untuk berkolaborasi dan bertukar informasi untuk mengembangkan dan memajukan Kota Pontianak.

"Ini kesempatan yang sangat baik untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan pemkot di seluruh Indonesia, ambil manfaat seluas-luasnya untuk memajukan Kota Pontianak," ucap dia.

Sementara itu Ketua Dewan Pengurus Apeksi Bima Arya mengapresiasi totalitas Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dalam mempersiapkan Rakernas Apeksi XVI.

“Yang pertama apresiasi kepada Pak Danny tentunya, saya tahu betul bagaimana Pak Danny bekerja keras memastikan kesiapan pelaksanaan rakernas kali ini agar berjalan sesuai yang kita harapkan bersama,” katanya.

Selain itu, menurutnya, pelaksanaan Rakernas Apeksi XVI beserta rangkaiannya, seperti YCC dan Indonesia City Expo 2023, dikemas sangat istimewa.

“Saya punya julukan khusus buat Pak Danny, yaitu Wali Kota kolosal. Wali Kota terampil membuat acara yang sangat berkesan dan memukau, YCC kemarin sangat luar biasa” ujar Bima yang merupakan Wali Kota Bogor, Jawa Barat.
 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023