Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan, mengatakan meski baru berusia 16 tahun, namun Kabupaten Kubu Raya sebagai kabupaten termuda di Kalbar mampu menorehkan banyak prestasi dan memiliki pencapaian yang sangat baik dalam bidang pembangunan.

"Untuk itu, kami dari Pemerintah Provinsi Kalbar memberikan penghargaan atas prestasi yang telah dicapai oleh Kabupaten Kubu Raya pada tahun 2023. Meskipun Kabupaten Kubu Raya baru berusia 16 tahun, pembangunan di wilayah tersebut telah mengalami kemajuan yang signifikan," kata Ria Norsan saat menghadiri peringatan HUT ke-16 Pemkab Kubu Raya di
Kantor Bupati Kubu Raya, di Sungai Raya, Senin.

Ria Norsan menjelaskan, beberapa capaian makro tahun 2023 juga menunjukkan perkembangan yang positif, seperti pertumbuhan ekonomi yang meningkat menjadi 5,48 persen.

"Dalam usia 16 tahun, Kabupaten Kubu Raya telah berhasil menurunkan tingkat kemiskinan menjadi 4,4 persen, sedangkan tingkat pengangguran terbuka turun menjadi 6,87 persen, menurun sebesar 0,15 poin dibandingkan tahun 2021 yang sebesar 7,02 persen," tuturnya.

Norsan juga menyampaikan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Kubu Raya sebesar 68,19 persen. Selain itu, Kabupaten Kubu Raya berhasil mewujudkan 52 desa mandiri dan berhasil menyelesaikan masalah desa tertinggal, sehingga tidak ada lagi desa tertinggal di wilayah tersebut.

"Dalam periode kepemimpinan Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, sejak 2019, angka stunting mencapai 23,6 persen. Namun, dalam waktu singkat, angka tersebut terus menurun setiap tahunnya dan pada tahun 2022, angka stunting tinggal 6,83 persen. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa," ujarnya.

Wagub Kalbar itu berharap bahwa pada 2024, sesuai arahan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin, angka stunting secara nasional dapat turun menjadi 14 persen. Kabupaten Kubu Raya diharapkan dapat mencapai target tersebut.

"Dengan berbagai prestasi yang telah diraih, inovasi yang dilakukan oleh Kabupaten Kubu Raya telah diakui baik secara nasional maupun di tingkat daerah. Prestasi tersebut mencakup bidang kesehatan, pelayanan publik, tata kelola pemerintah daerah, pengelolaan keuangan desa, dan berbagai bidang strategis lainnya," kata Norsan.

Di tempat yang sama, Bupati Kubu Raya Muda Mehendrawan menyatakan bahwa dalam rangka memeriahkan HUT ke-16 Kabupaten Kubu Raya, pihaknya mengadakan beberapa kegiatan. Salah satunya adalah pameran UMKM yang sudah disiapkan di halaman Kantor Bupati Kubu Raya.

"Selain itu, kami juga menyediakan media untuk mural bagi remaja  yang menyukai seni lukis," kata Muda.

Dia juga mengungkapkan bahwa selain layanan kesehatan gratis bagi masyarakat Kubu Raya yang akan dilaksanakan di Kantor Bupati Kubu Raya, beberapa puskesmas juga akan mengadakannya.

"Selain itu, ada acara hiburan rakyat yang akan menghadirkan artis ternama untuk menghibur masyarakat. Intinya, kegiatan peringatan HUT ke-16 Kabupaten Kubu Raya kami persembahkan untuk masyarakat Kubu Raya dan Kalimantan Barat," tuturnya.

Pihaknya juga menyiapkan beberapa acara seperti tarian kolosal, lomba olahraga tradisional, festival budaya, lomba drum band, lomba mural, dan berbagai pertunjukan seni lainnya.

Dia juga menyebutkan bahwa selain itu, akan ada kegiatan aksi sosial seperti penyerahan gerobak UMKM, kegiatan kesehatan, serta zikir Akbar dan kubu Raya bershalawat.

"Dan juga acara hiburan rakyat kami tujukan untuk seluruh masyarakat. Intinya, kegiatan peringatan HUT ke-16 Kabupaten Kubu Raya kami persembahkan untuk masyarakat Kubu Raya dan Kalimantan Barat. Kami mengundang seluruh masyarakat untuk hadir," katanya.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023