Ketua Umum Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kalimantan Barat Irwan mengatakan saat ini olahraga bola voli di Kalimantan Barat mulai kembali bangkit, terbukti dengan banyaknya kejuaraan bola voli yang digelar di daerah tersebut.

"Kalbar kembali bangkit, dari berbagai kejuaraan kita terus mengembangkan dan mencari bibit-bibit pemain salah satunya melalui Kejurda tingkat junior di Kalbar," kata Irwan saat pembukaan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Bola Voli Kalimantan Barat di Gedung Voli Pangsuma Pontianak, Rabu.

Disampaikan Irwan, pelaksanaan Kejurda 2023 ini diselenggarakan oleh Pengurus Kabupaten PBVSI Ketapang yang dipusatkan di Kota Pontianak.

Dia mengatakan sepanjang tahun 2023 ini, geliat olahraga bola voli semakin berkembang di masing-masing daerah di Kalbar dengan rutin menyelenggarakan kejuaraan.

Bahkan, pada 14 sampai dengan 24 Agustus Kejuaraan Bola Voli Kapolri Cup akan diselenggarakan di Kota Pontianak.

Oleh karena itu, Irwan berpesan kepada peserta Kejurda Kalbar untuk bersungguh-sungguh berkompetisi dalam kejuaraan tersebut, yang selain untuk prestasi, juga sebagai ajang silahturahmi dan mencari bibit pemain.

"Kejurda ini akan menjadi momen terindah bagi adek-adek atlet, akan menjadi cerita di kemudian hari," katanya.

Dia mengimbau agar para atlet menjunjung sportivitas dalam pertandingan dan kepada wasit untuk melaksanakan tugas memimpin pertandingan dengan profesional.

Ketua Umum Pengkab PBVSI Ketapang Uti Royden Top mengatakan Kejurda Bola Voli Kalimantan Barat seyogyanya dipusatkan di Kabupaten Ketapang, namun karena terkendala masih minimnya fasilitas olahraga bola voli akhirnya diselenggarakan di Kota Pontianak.

Disebutkan dia, Kejurda Bola Voli Kalbar Tahun 2023 itu di ikuti 11 tim voli putra dan tujuh tim voli putri.

"Kami berharap kegiatan berjalan sukses dan lancar serta melalui kejurda muncul bibit pemain di Kalimantan Barat," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Ketapang Farhan berharap pelaksanaan Kejurda Bola Voli Ketapang yang diselenggarakan di Pontianak tersebut melahirkan atlet bola voli yang bisa mewakili Kalimantan Barat di tingkat nasional bahkan internasional.

"Tunjukkan kemampuan dalam bertanding, agar menjadi tontonan terbaik bagi masyarakat Kalimantan Barat," kata Farhan.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada pengurus PBVSI Kalimantan Barat yang telah membantu untuk mensukseskan pelaksanaan Kejurda Kalimantan Barat Tahun 2023.

"Pemkab Ketapang sangat mendukung kegiatan olahraga itu, semoga ke depannya Ketapang memiliki fasilitas olahraga bola voli yang memadai sehingga bisa menjadi tuan rumah di Ketapang," katanya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023