Ketua DPRD Kalimantan Barat M. Kebing L mengatakan pihaknya mengusulkan tiga nama calon Pj Gubernur Kalbar untuk menggantikan kepemimpinan Sutarmidji dan Ria Norsan yang akan berakhir pada tanggal 5 September 2023.

"Ada tiga nama yang akan kita usulkan, yaitu Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar dr. Harisson, M.Kes., kemudian Drs. Heru Istiyono, M.Si. yang saat ini menjabat sebagai Agen Intelijen Ahli Utama Dep. Bid Intelijen Ekonomi BIN, dan Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.IP., M.M. Staf Ahli Tingkat III Kasad Bidang Ekkudag," kata Kebing usai memimpin sidang paripurna terkait usulan siapa saja yang bakal diusulkan untuk menjadi Penjabat (Pj) Gubernur di Pontianak, Selasa.

Kebing menjelaskan, DPRD Kalbar memiliki kewenangan untuk mengusulkan tiga nama calon Pj Gubernur. Tiga nama itu nantinya akan disandingkan dengan tiga nama lainnya yang diusulkan oleh Kemendagri dan selanjutnya dipilih oleh Presiden Republik Indonesia.

Menurut M Kebing, ketiga nama tersebut merupakan usulan terbanyak dari fraksi dan hasil rapat panitia seleksi calon Penjabat Gubernur yang disampaikan dalam rapat pimpinan DPRD Kalbar.

"Ketiga nama tersebut merupakan usulan dari hasil beberapa fraksi dan hasil dari panitia seleksi, yang tentunya dengan berbagai pertimbangan," tuturnya.

Selanjutnya, DPRD Kalbar akan mengirim ketiga calon Pj Gubernur Kalbar ke Kemendagri secepatnya, untuk kemudian ditindaklanjuti dan menjadi pertimbangan Presiden Joko Widodo untuk disetujui menjadi Pj. Gubernur Kalimantan Barat.

"Selanjutnya, DPRD Kalbar akan melayangkan surat tiga nama tersebut ke Presiden melalui Kemendagri," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kalbar Harisson, yang namanya ikut dalam pencalonan Pj Gubernur menyatakan bahwa dirinya berterima kasih kepada DPRD Kalbar yang telah mengusulkan saya sebagai salah satu calon Penjabat Gubernur Kalbar.

"Tentu saya berterima kasih kepada DPRD Kalbar yang telah memberikan kepercayaan kepada saya sebagai salah satu yang diusulkan ke Kemendagri untuk menjabat sebagai Penjabat Gubernur Kalbar," kata Harisson.

Kemudian dirinya menjelaskan, untuk prosedur ditetapkannya sebagai Pj Gubernur, DPRD nantinya akan menyerahkan ketiga nama ini dan ada tiga nama juga dari Kemendagri kemudian digodok oleh Mendagri menjadi tiga nama dan diserahkan kepada Presiden.

"Jadi DPRD Kalbar akan menyerahkan ketiga nama ini kemudian ada 3 nama juga dari Kemendagri sehingga ada enam nama kemudian digodok oleh Mendagri menjadi tiga nama yang akan diserahkan kepada Presiden," ujar Sekda Kalbar.

Disinggung terkait dirinya apakah siap untuk menjadi Pj Gubernur Kalbar, secara tegas dirinya sangat siap apabila ditunjuk untuk menjalankan amanah ini.

"Insya Allah saya siap, jika ditunjuk untuk menjalankan amanah tersebut," kata Harisson.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023