Pusat Penelitian Kebijakan Ekonomi (PPKE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya menilai Indonesia berpeluang meningkatkan sejumlah potensi kerja sama dengan negara mitra, pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta, 5-7 September 2023.

Peneliti senior PPKE FEB Universitas Brawijaya Joko Budi Santoso, di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat, mengatakan bahwa dengan kinerja positif Indonesia saat ini, harus dipastikan keberlanjutannya dengan memperluas pasar produk dalam negeri.

"Dalam konteks ini, Indonesia memiliki momentum yang tepat dengan memegang Keketuaan ASEAN," kata Joko Budi.

Saat ini, kata Joko Budi lagi, Indonesia menjadi salah satu primadona dalam percaturan ekonomi dunia. Dengan jumlah penduduk yang besar serta sumber daya alam (SDA) melimpah, menjadi modal Indonesia untuk mengambil bagian dalam memegang kunci perekonomian dunia di masa depan.

"Hal ini diindikasikan dengan baiknya pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa pandemi, dan pasca-pandemi. Sementara negara lain khususnya negara maju seperti Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Eropa masih terpuruk," katanya pula.

Selain itu, langkah memperluas pasar bagi produk dalam negeri itu juga bisa dibarengi dengan keberadaan Indonesia sebagai sumber bahan baku bagi industri dalam negeri melalui peningkatan kerja sama bilateral maupun kerja sama antar kawasan.

Menurutnya, selain peningkatan kerja sama perdagangan, sektor pariwisata dapat menjadi prioritas untuk terus dipromosikan dan dikerjasamakan, karena sektor tersebut akan menjadi lokomotif untuk menarik gerbong-gerbong sektor ekonomi lain agar melaju lebih cepat.

"Seperti untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), ekonomi kreatif dan jasa akomodasi," katanya lagi.

 



 

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023