Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menekankan lomba yang digelar dalam rangka HUT ke-78 RI mampu mendorong semangat gotong-royong di kalangan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah kota setempat.

Eri Cahyadi dalam keterangannya di Surabaya, Minggu, mengatakan perlombaan yang digelar pada 10-16 Agustus 2023 bukan untuk mencari siapa yang terbaik di antara perangkat daerah, juga bukan untuk mencari perangkat daerah mana yang paling kompak.

"Tapi, lomba ini adalah untuk satu, selalu sama-sama, selalu bareng-bareng untuk satu nama seluruh ASN Pemkot Surabaya," katanya.



Wali Kota Eri mengapresiasi pakaian atau kostum yang digunakan tim peserta. Bahkan, di antara tim peserta ini ada yang memakai kostum pakaian adat Papua hingga Kalimantan. Hal ini menunjukkan semangat kekompakan dalam perlombaan.

"Insya Allah kalau semangat lomba ini, semangat kebersamaan ini dibawa untuk melayani masyarakat, maka orang-orang Surabaya akan melihat bahwa ASN pemkot luar biasa," ujarnya.

Oleh karena itu, Wali Kota Eri meminta agar yang bertanding dalam perlombaan ini bukan hanya staf perangkat daerah. Melainkan Kepala PD, Kepala Bidang, Camat hingga Lurah, juga ikut dalam perlombaan.

"Ini yang namanya sebuah kekompakan. Kalau kekompakan berarti kepala dinas termasuk saya (wali kota) tidak hanya merintah. Tapi, jalan semua, merasakan semua, waktunya senang bareng, susah bareng," kata Cak Eri, sapaan lekatnya.

Cak Eri berharap kepada seluruh ASN maupun tenaga kontrak di lingkup Pemkot Surabaya agar selalu menjalin tali persaudaraan. Sebab, tidak ada dinas, kecamatan maupun kelurahan yang paling baik di antara lainnya, dan yang terbaik adalah seluruh jajaran Pemkot Surabaya.

"Jadi, jangan jadikan lomba ini persaingan. Tapi, jadikan lomba ini untuk mengikat tali persaudaraan, tali silaturahim sebagai sesama Pemerintah Kota Surabaya," tuturnya.



Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati menyampaikan selain menjadi rangkaian perayaan HUT ke-78 RI, perlombaan ini diharapkan dapat mendorong semangat gotong-royong dan menambah kebugaran jasmani rohani ASN.

"Lomba dilaksanakan di beberapa lapangan olahraga, antara lain Gelora Pancasila, Lapangan Thor, Gelanggang Remaja dan Lapangan Tenis PDAM Ngagel," kata Wiwiek.

Wiwiek menyebutkan terdapat enam cabang olahraga yang dipertandingkan dalam lomba antarperangkat daerah Pemkot Surabaya, yakni Tenis Meja, Tenis Lapangan, Bola Voli, Senam Gemu Famire, Hadang, dan Balap Karung.

"Peserta mengikuti kegiatan sejak tanggal 10 Agustus 2023, hampir 1.625 ASN dari berbagai OPD," katanya.

 


Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengundang ribuan masyarakat ikut merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya, pada Kamis (17/8).

"Pemprov Jatim telah menyiapkan sebanyak 1.100 undangan untuk masyarakat umum, meliputi 500 undangan pada saat upacara detik-detik proklamasi. Selain itu, 600 undangan pada saat upacara penurunan Bendera Merah Putih," kata Khofifah di Surabaya, Jawa Timur, Jumat.

Untuk mendapatkan undangan tersebut, Pemprov Jatim mempersilakan masyarakat mendaftar secara daring melalui tautan https://besideus.id/hutRIPengibaran?/hutRIPengibaran; sementara untuk upacara penurunan bendera melalui https://besideus.id/hutRIPengibaran?/hutRIPenurunan.

Tautan pendaftaran upacara pengibaran bendera dibuka pada tanggal 11-12 Agustus 2023 dengan kuota 250 pendaftar per hari; sedangkan untuk upacara penurunan bendera dapat diakses pada tanggal 13-14 Agustus 2023 dengan kuota 300 pendaftar per hari.

"Bagi yang ingin menyaksikan langsung kekhidmatan Upacara Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-78 di Gedung Grahadi, jangan sampai terlewat mengikuti informasi pendaftaran," kata Khofifah. Baca selengkapnya: Gubernur Jatim undang masyarakat rayakan HUT ke-78 RI



 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023