Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan bahwa pemerintah kota setempat membuka ruang kreativitas dan inovasi bagi anak muda.

"Saya yakin anak muda Kota Pontianak memiliki potensi yang besar. Untuk itu lah pemerintah kota membuka lebar pintu kreativitas dan inovasi oleh anak muda. Jika anak muda berpotensi diarahkan, dengan bekal organisasi dan manajemen itu akan lebih baik karena dalam ruang lingkup kecil sekalipun tetap harus ada organisasi," ujarnya di Pontianak, Rabu.

Ia juga mengajak pemuda untuk memahami persoalan di lingkungan masing-masing dan juga persoalan tingkat kota. Dengan memahami persoalan di daerah, kontribusi pemuda akan efektif dan tepat sasaran.

"Supaya gerakannya terarah. Banyak anak muda yang diberkahi kecerdasan, namun karena tidak mau memahami persoalan sekitarnya, solusinya jadi tidak tepat arah," kata dia.

Menurutnya, permasalahan di dalam pemuda itu sendiri sudah harus segera diselesaikan. Seorang pemimpin sudah harus mengabdikan dirinya untuk orang lain. Jika anak muda masih memiliki gejolak dalam dirinya, maka akan sulit untuk memimpin orang lain.

"Karena pemimpin akan menghasilkan pemimpin yang lain," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Pontianak Rizal menjelaskan untuk mengarahkan anak muda di antaranya dengan menghadirkan Pelatihan Dasar Manajemen Kepemimpinan bagi Organisasi Kepemudaan Tahun 2023.

Kegiatan tersebut diikuti sejumlah 90 pemuda yang berusia 16-30 tahun. Pemuda ini berasal dari organisasi berbagai sektor di seluruh kecamatan Kota Pontianak.

“Tema kita adalah peran aktif organisasi kepemudaan untuk Pontianak maju. Kegiatannya disinergikan dengan Hari Ulang Tahun ke-78 Indonesia,” paparnya.

Ia mengatakan, dilaksanakannya pelatihan manajemen organisasi bagi anak muda ini ditujukan untuk meningkatkan peran serta aktif organisasi kepemudaan dalam keikutsertaan pembangunan di Kota Pontianak. Selain itu sebagai upaya peningkatan keterampilan manajemen organisasi yang baik bagi organisasi kepemudaan.

“Sekaligus meningkatkan kapasitas sumber daya pemuda di Kota Pontianak,” katanya.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023