Program desa berdaya yang diluncurkan PT PLN di Desa Gema, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat mendampingi masyarakat dalam pengembangan dan pengelolaan objek wisata di desa itu.

"Tujuan program ini adalah melahirkan kawasan desa tangguh binaan PLN yang lebih sejahtera, menggerakkan BUMDes agar aktif mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif desa dan mencapai akses merata terhadap air bersih yang aman dan terjangkau bagi semua masyarakat desa, " ujar General Manager PLN UIP Kalimantan Bagian Barat, Muhammad Dahlan Djamaluddin di Pontianak, Jumat.

Ia mengatakan dalam program tersebut PLN berkolaborasi dengan pemerintah daerah mengatasi setiap permasalahan yang timbul di masyarakat. Sehingga melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) diberikan kesempatan untuk terlibat dalam membantu masyarakat desa.

"Kami berharap dengan bantuan ini dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik. Sehingga ke depan Desa Gema menjadi desa malan sesuai penetapan dari Pemerintah Kabupaten Ketapang," kata Dahlan.

Sementara itu, Kepala Desa Gema Bayen menyampaikan terima kasih kepada PLN yang telah membantu masyarakatnya.

"Bantuan yang diberikan revitalisasi objek wisata air terjun silink brobant dan ketersediaan air bersih yang mana sangat berguna dan sangat penting di dalam kehidupan masyarakat di desa kami," kata Bayen.

Ia mengatakan wilayah Desa Gema terdapat Hutan Lindung yang memiliki air terjun alami.

Sesuai Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor SK.5913/MENLH-PSKL/PKPS/PSL.0/9/2018, Lembaga Pengelola Hutan Desa di wilayah Administrasi Desa Gema mendapatkan Hak Pengelolaan Hutan Desa. Hal ini menjadikan potensi untuk mewujudkan Desa Gema menjadi Desa Mapan.

“Sebelumnya objek wisata air terjun ini belum tertata dan terkelola dengan baik, sekarang dengan adanya bantuan PLN jauh lebih tertata dan terkelola dengan baik. Diberikan gazebo, fasilitas umum seperti toilet, ruang ganti dan kantin serta spot untuk foto," kata dia.

Sekretaris Dinas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ketapang  Dicky Anthony mengatakan dengan meningkatkan sumber daya manusia bidang pariwisata diharapkan nanti bisa memajukan industri wisata di Kabupaten Ketapang.

"Kami memiliki tugas pengembangan pariwisata dan kebudayaan siap bermitra dengan PLN untuk mengembangkan pariwisata dan kebudayaan di wilayah Kabupaten Ketapang. Dalam prakteknya kelak, air terjun ini menjadi daya tarik wisata yang cukup favorit di Kecamatan Simpang Dua,” ujar Dicky.

Pewarta: Dedi

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023