Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengapresiasi kerja Satuan Tugas (Satgas) Air Universitas Pertahanan (Unhan) karena menyediakan puluhan titik sumber air di berbagai wilayah di Indonesia.

"Terutama, saya ucapkan terima kasih kepada Fakultas Logistik Militer dan Fakultas Teknik yang berhasil membuat Satgas Air, menghasilkan teknologi mencari titik air, dan mengebor air dengan efisien," kata Prabowo dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Prabowo menyampaikan hal itu di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (14/10), dalam acara pembekalan bertajuk "Pengarahan dan Malam Akrab Kadet Mahasiswa Unhan RI" yang dihadiri 768 kadet dari jenjang program D-3 hingga S-3.

"Masalah air ini adalah masalah yang strategis bagi bangsa Indonesia," tambahnya.



Terkait penyediaan sumber air, Prabowo mengatakan masalah terbesar terletak pada aspek pengelolaan. Dia pun menilai langkah Unhan RI tersebut relevan dengan masalah kekeringan yang dihadapi masyarakat di sejumlah daerah.

"Ternyata, air, sebetulnya kita tidak kekurangan; tetapi kita kurang mengelola. Makanya, terima kasih Unhan terus mendalami masalah air ini," imbuhnya.

Prabowo meyakini Unhan dapat berperan penting untuk masa depan Indonesia dan dia berharap langkah serupa untuk menemukan solusi atas kesulitan masyarakat dapat terus dilakukan.

"Teruskan pengabdianmu, berikan yang terbaik untuk bangsa. Lakukan riset, lakukan inovasi, lakukan litbang, cari solusi-solusi untuk mengatasi kesulitan rakyat kita," ujar Prabowo.

Tiga daerah penerima manfaat program pengadaan sumber air oleh Unhan dan Kementerian Pertahanan itu ialah Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, dan Maluku.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Prabowo apresiasi satgas Unhan sediakan puluhan titik air di daerah

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023