Basket adalah salah satu olahraga paling populer di dunia. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari lima pemain. Tujuannya adalah untuk memasukkan bola ke dalam keranjang lawan sebanyak-banyaknya.

Olahraga basket makin digemari karena adanya turnamen NBA. Kompetisi basket dari Amerika Serikat tersebut ternyata memiliki sponsor Nike. Jika Anda ingin mengenakan outfit dan sepatu basket seperti para pemain NBA, bisa mendapatkan Nike di Blibli

Tips dasar bermain basket

Olahraga basket tentunya memiliki teknik dasar untuk membantu Anda bermain dengan lancar. Semakin sering Anda latihan, kemampuan basket Anda akan semakin membaik.
Bagi yang ingin belajar bermain basket, Anda dapat mengikuti tips dasar berikut ini. 

1. Siapkan perlengkapan yang tepat

Sebelum mulai bermain, Anda perlu menyiapkan perlengkapan yang tepat. Seminimal mungkin alat tersebut adalah bola, sepatu, dan pakaian yang nyaman. 

Bola basket yang disarankan memiliki keliling 75-77 cm dengan berat 580- 260 gram. Aturan ini mengacu pada Federasi Bola Basket Dunia (FIBA). Lapisan dalam bola basket terbuat dari bahan sejenis karet untuk memudahkan bola memantul, sedangkan luarnya terbuat dari kulit lentur.

Untuk bola basket, Anda bisa membelinya di toko olahraga terdekat. Pilihlah bola yang sesuai dengan ukuran dan berat badanmu.
Bagaimana dengan sepatu basket? Pilihlah sepatu yang nyaman dengan cengkraman yang baik untuk Anda. Sepatu basket yang tepat membuat grafik Anda makin leluasa dan mengurangi risiko cedera. 

Untuk sepatu basket, pilihlah sepatu yang nyaman dan memiliki cengkraman yang baik. Sepatu basket yang tepat akan membantumu untuk bergerak dengan leluasa dan menghindari cedera.

2. Pelajari teknik dasar

Permainan bola basket tidak sembarangan melempar bola. Ada beberapa teknik dasar untuk Anda pelajari seperti cara dribbling sampai shooting.

Dribbling

Dribbling adalah teknik membawa bola dengan cara memantulkan ke lantai dengan satu tangan sambil berjalan atau berlari. Tujuan dribbling untuk melindungi bola agar tidak ribut lawan. 

Dengan membawa bola, Anda dapat mengatur serangan dan mengatur tempo permainan sepanjang waktu. Anda dapat mendribble bola sambil jalan santai, berlari, maupun melewati pemain dengan zig zag. 

Passing

Passing adalah mengoper bola kepada teman setim selama permainan berlangsung. Teknik ini memakai dua tangan untuk melempar bola. 

Mengoper bola di permainan basket harus cepat, tepat, dan kuat karena lapangannya kecil. Walaupun begitu, Anda tidak perlu terburu-buru, melakukan operan secara teratur sembari membangun serangan. 

Shooting

Teknik menembak ini membutuhkan akurasi yang tepat agar bola dapat masuk ke dalam ring. Keseimbangan badan, koordinasi, dan konsentrasi menjadi pondasi penting agar teknik shooting berhasil dilakukan. 
Terdapat berbagai teknik shooting seperti bank shoot, dunk, free throw, hingga granny shoot. Anda tidak harus mahir semua jenis shooting, cukup temukan satu hal saja dan latih terus sampai jago. 

Pivot

Bukan hanya bisnis saja yang punya pivot, olahraga basket pun punya hal yang serupa dengan membuat tumpuan pada satu kaki sebagai poros. Gerakan pivot tidak sampai menggeser letak kaki sampai berputar. Apabila bergeser maka sudah termasuk pelanggaran. 

Teknik pivot ini ditujukan untuk menyelamatkan bola agar tidak jatuh ke tangan lawan. Untuk melindungi bola, Anda dapat berputar sampai 360 derajat

3. Mulailah dengan latihan dasar

Setelah mempelajari teknik dasar, Anda bisa mulai berlatih dengan latihan dasar. Latihan dasar ini akan membantumu untuk meningkatkan keterampilan.

Berikut adalah beberapa latihan dasar yang bisa Anda lakukan:

Latihan dribble
Latihan passing
Latihan shooting

Anda bisa berlatih sendiri atau bersama teman.

4. Latihan secara rutin

Semakin sering Anda berlatih, maka keterampilanmu akan semakin meningkat. Jadi, jangan lupa untuk berlatih secara rutin.

Atur waktu berlatih Anda dalam satu minggu. Jadwalkan kira-kira seminggu sekali selama 60 menit untuk bermain basket. 

Jika Anda tidak bisa bermain sendiri, cobalah ajak teman atau bergabung dengan komunitas pecinta basket. Temui saja lalu ikut main bareng. 

5. Bermain dengan teman

Bermain dengan teman akan membuatmu lebih bersemangat dan termotivasi untuk belajar. Anda juga bisa belajar dari teman-temanmu. Bermain bersama teman sefrekuensi

Anda bisa bergabung dengan klub basket atau komunitas basket.

6. Jangan takut untuk jatuh

Dalam bermain basket, ada kemungkinan Anda akan jatuh karena mengejar bola atau tertabrak dengan lawan. Hal ini biasa dalam permainan basket, dan dialami oleh semua pemain di dunia. 
Jangan jadikan jatuh sebagai alasan untuk tidak bermain. Justru, Anda dapat mempelajari sesuatu dari pengalaman tersebut. Sebab olahraga mengajarkan untuk segera bangkit setelah terjatuh. 

7. Nikmati permainannya

Bermain basket adalah olahraga yang menyenangkan. Jadi, jangan lupa untuk menikmati permainannya.

Selama bermain basket, gunakan sepatu Nike untuk bermain basket. Sepatu Nike dirancang khusus untuk olahraga basket. 

Sepatu Nike memiliki cengkraman yang baik, sehingga Anda bisa bergerak dengan leluasa dan menghindari cedera.

Anda bisa membeli sepatu Nike di Blibli. Blibli memiliki berbagai pilihan sepatu Nike dengan harga yang terjangkau.

Nah, itu dia 7 tips dasar bermain basket untuk pemula. Semoga tips ini bisa membantumu untuk menjadi pemain basket yang handal. Tapi kalau Anda mau jadi pemain basket profesional, Anda harus latihan lebih keras lagi. Anda juga harus mengikuti program latihan yang terstruktur. Tapi, kalau Anda mau main basket cuma buat seru-seruan aja, 7 tips di atas udah cukup kok.
 

Pewarta: Rilis/Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023