Atlet panjat tebing putri Korea Selatan Kim Jain mengaku senang bisa kembali berkompetisi hingga memastikan tempat di babak final nomor combined (lead and boulder) di IFSC Asian Qualifier 2023.

Kim, yang merupakan juara dunia dua kali sekaligus climber veteran tersebut, mengatakan memiliki target untuk merebut tiket menuju Olimpiade 2024 Paris pada ajang kualifikasi Asia ini.

“Saya sangat senang bisa kembali di sini dan berkompetisi. Saya sangat ingin berlaga di Paris tahun depan,” ungkap Kim saat ditemui usai babak semifinal nomor combined IFSC Asian Qualifier di Lot 11 Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (10/11) malam.

Adapun Kim memastikan tempatnya untuk maju ke final setelah finis di posisi keenam dengan total poin 137,5 di babak semifinal.

Lebih lanjut, atlet yang telah mengoleksi 31 medali emas untuk Korea Selatan di Piala Dunia Panjat Tebing tersebut mengaku bangga dengan progresnya sejauh ini di IFSC Asian Qualifier 2023. Terlebih, Kim sempat rehat selama beberapa tahun usai kelahiran sang putri dan baru berkompetisi lagi sejak tahun lalu.

“Saya sangat lelah tapi saya berusaha menikmati pemanjatan saya hari ini. Apa yang saya lakukan hari ini terasa sangat menyenangkan. Saya melakukan yang terbaik dan tanpa kesalahan hari ini, jadi saya cukup puas dengan penampilan saya. Saya akan berjuang lagi untuk besok final,” kata Kim.

Ia tak menampik bahwa kondisi fisiknya sudah tidak dalam masa primanya lagi, dan semua climber yang bersaing tahun ini ia nilai memiliki kemampuan yang sangat impresif.

Namun, ia tetap masih ingin memperjuangkan untuk berlaga di panggung pesta olahraga terbesar dunia tahun depan.

“Tujuan utama saya adalah tiket Olimpiade. Saya tahu kalau ini akan menjadi sangat berat karena hanya ada satu tiket yang diperebutkan di sini. Jadi kali ini saya hanya fokus untuk melakukan yang terbaik untuk merebut tiket ini,” kata juara Asia 14 kali itu.

Mengenai persiapannya jelang final, atlet yang kini menginjak usia 35 tahun itu mengungkapkan hanya ingin beristirahat dengan cukup dan rileks agar bisa tampil lepas dan menikmati setiap rintangan yang menantinya esok hari.

“Saya hanya akan istirahat cukup, lalu melihat foto dari anak perempuan saya sebagai penyemangat saya besok,” ujar Kim sembari tersenyum.
 




 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023