Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Barat Suryadi mengatakan pihaknya memfasilitasi 22.661 ribu pemilih disabilitas yang akan mengikuti Pemilu 2024 di provinsi ini.

"Dari data pemilih tersebut terdapat enam jenis disabilitas di masing-masing kabupaten/kota se-Kalbar yang sudah masuk dalam rekapan KPU," kata Komisioner KPU Kalbar Suryadi saat dihubungi di Pontianak, Jumat.

Dia mengatakan KPU siap memfasilitasi rekan-rakan pemilih disabilitas, seperti dalam hal penyiapan tempat pemungutan suara (TPS), termasuk posisi akses masuk, pelayanan, meja bilik, dan kotak harus disesuaikan dengan penyandang disabilitas tersebut.

"Pembekalan tetap dilakukan, seperti tata letak TPS harus diperhatikan dalam hal penyiapan tempat, jangan sampai yang pakai kursi roda kesulitan seperti posisi bilik yang ketinggian, bahkan di awal pendataan akhir pemilih harus ada kode jenis disabilitasnya sehingga dapat disesuaikan oleh kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS)," kata Suryadi.

Berbagai persiapan tersebut dilakukan KPU untuk kelancaran dan kenyamanan para penyandang disabilitas agar dapat menggunakan hak suaranya di TPS saat Pemilu 2024, katanya.

"Harapannya semua masyarakat tetap harus berpartisipasi dalam pemilu yang akan diselenggarakan dan untuk kawan-kawan penyandang disabilitas agar tidak merasa dikucilkan karena KPU akan berusaha semaksimal mungkin mengupayakan persiapan untuk kelancaran pemilu," tuturnya.

Terkait hal tersebut, ujar dia, pihaknya mengimbau agar para pemilih penyandang disabilitas bisa memberikan hak pilihnya di TPS saat hari pencoblosan karena KPU Kalbar memastikan akan memberikan layanan terbaik bagi penyandang disabilitas.

Pewarta: Rendra Oxtora dan Petrus AB Karunia

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023