Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III Banjarmasin telah menanam 4.500 bibit berbagai pohon endemik di Kalimantan Selatan, guna menjaga kelestarian lingkungan selama beberapa bulan terakhir.

“Sampai dengan hari ini, paling tidak sudah ada 4.500 pohon kami tanam, mudah-mudahan yang kami lakukan ini bisa memberikan manfaat paling tidak terhadap lingkungan” kata Kepala BWS Kalimantan III Banjarmasin I Putu Eddy Purna Wijaya di Banjarbaru, Sabtu.

Eddy bersama perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalsel, pegawai BWS Kalimantan III dan Komunitas Masyarakat Peduli Lingkungan menanam bibit pohon di area Embung Kampung Banjar kawasan perkantoran Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarbaru.

Kegiatan penghijauan tersebut merupakan rangkaian Hari Bakti ke-78 Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang bertujuan untuk menambah resapan air guna menjaga lingkungan dan kelestarian tanaman endemik di Kalimantan Selatan.

Lebih lanjut, Eddy menuturkan BWS Kalimantan III mengerjakan beberapa proyek pembangunan, seperti Kolam Regulasi di Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dan Tebing Siring Sungai di Kabupaten Tabalong, guna mengantisipasi potensi banjir saat musim hujan di Kalimantan Selatan pada 2023.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Kalsel Husnul Khatimah mewakili Gubernur Kalimantan Selatan, mengapresiasi aksi menanam pohon yang dilakukan BWS Kalimantan III penanaman pohon di area Embung Kampung Banjar.

"Kami berterima kasih kepada Kementerian PUPR terutama Balai Wilayah Sungai Kalimantan III yang telah bersinergi dan berkolaborasi untuk dapat menjaga lingkungan,” ucap Husnul Khatimah.

Menurut Husnul, penanaman tersebut sangat tepat dilakukan karena bersamaan dengan awal musim hujan dan berharap dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Supaya memberikan rasa aman bagi warga khususnya penduduk yang tinggal di sekitaran bantaran itu," ujarnya.

Pewarta: Gunawan Wibisono/Latif Thohir

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023