Dorong peningkatan ekosistem Electric Vehicle di Kalimantan Barat, PLN kembali resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang berlokasi di halaman parkiran Hotel Maestro, Jalan Sultan Abdurrahman Pontianak, pada hari Jum'at, tanggal 15 Desember 2023.

"Ini SPKLU ke tujuh dari total sembilan yang kami hadirkan untuk pengguna kendaraan listrik yang ada di Kalimantan Barat, dan menjadi SPKLU kedua yang berada di hotel di Kota Pontianak," ungkap General Manager PLN UID Kalbar, Wahyu Jatmiko.

SPKLU yang diresmikan penggunaannya ini berkapasitas 7,4 kW (AC), tegangan nominal 200-240 V dengan arus normal 32 Ampere. Harga per kWh sebesar Rp. 2.466,78,-

Diakuinya, program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang dicanangkan oleh pemerintah beberapa waktu yang lalu merupakan salah satu terobosan dalam upaya mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap bahan bakar minyak khususnya dalam berkendaraan

"Kami siap mendukung program pemerintah di era KLBB dan memastikan penyediaan infrastruktur kelistrikan melalui pembangunan SPKLU," ujar Jatmiko.

Ia juga mengatakan bahwa dalam pembangunan SPKLU, pihaknya juga meluncurkan platform digital 'charge.in' yang terintegrasi dengan aplikasi PLN Mobile sebagai operating system yang diharapkan menjadi platform tunggal untuk seluruh SPKLU. Ia menyebutkan, ditahun 2024 mendatang pihaknya akan membangun 47 SPKLU diberbagai lokasi tersebar di seluruh Kalimantan Barat.

"Kami berharap, keberadaan SPKLU ini dapat memberikan kemudahan kepada para pemilik kendaraan listrik, serta para pelaku usaha penyedia kendaraan listrik, sehingga tercipta ekosistem berkendara yang efisien, efektif, serta ramah lingkungan," imbuh Jatmiko.

Sementara itu, Wakil Walikota Pontianak, Bahasan, mengatakan bahwa keberadaan SPKLU ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, dan mampu mendorong peningkatan ekonomi di Kota Pontianak. Menurutnya, keberadaan SPKLU yang semakin banyak tentunya dapat meningkatkan minat masyarakat untuk segera memiliki kendaraan listrik.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Pontianak, saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah menyediakan infrastruktur kelistrikan SPKLU yang akan memberikan kemudahan bagi para pemilik kendaraan listrik di Kalimantan Barat, khususnya di Kota Pontianak," tutur Bahasan.

Pewarta: Rilis

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023