Rumah BUMN milik BRI di Kota Makassar menggandeng PT Hotel Group Indonesia (HIG) dalam memperkuat ekosistem pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Agustya Hendy Bernadi selaku Corporate Secretary BRI di Makassar, Kamis mengatakan kolaborasi antara BRI dan HIG melalui KHAS Makassar merupakan bagian dari perluasan pasar yang diharapkan dapat membantu mendorong nilai penjualan UMKM yang bernaung di Rumah BUMN Makassar.

"Produk-produk UMKM binaan Rumah BUMN Makassar nantinya bisa dikenal oleh konsumen khususnya para pengunjung di KHAS Makassar," ujar dia.

Kolaborasi ini melibatkan 13 UMKM dengan 38 jenis produk antara lain tote bag & bucket head ecoprint, sling bag, gantungan kunci & pouch rajut, aksesoris, sirup markisa, kopi toraja, kacang disco, keripik pisang, brownie cookie, jagung marning, sambal roa, hingga lombok kuning.

“Kolaborasi ini tentu sangat membantu memperluas pemasaran produk UMKM binaan kami dan dan tentunya dengan kualitas produk yang tinggi," tambah Hendy.

Kementerian BUMN terus mendorong pelaku UMKM di daerah untuk terus berkembang dan bisa naik kelas. Upaya tersebut salah satunya melalui kehadiran Rumah BUMN di berbagai daerah yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM setempat agar bisa mengembangkan bisnis serta meningkatkan kapasitas usahanya.

Salah satu keberadaan Rumah BUMN yang dimanfaatkan oleh pelaku UMKM di daerah adalah Rumah BUMN Makassar yang dikelola oleh BRI.

Dalam pelaksanaannya, BRI berkolaborasi dengan HIG mendorong pemanfaatan produk UMKM Binaan Rumah BUMN Makassar yang produk UMKM dihasilkan bisa dipajang dan dijual di KHAS Makassar, yang merupakan salah satu unit dari jaringan hotel HIG, yang mengelola hotel milik BUMN.

Corporate Marketing & Communications Manager HIG Atri Maryanti menyebut HIG mendukung bangkitnya pariwisata Indonesia dengan memperkenalkan produk lokal UMKM Makassar kepada wisatawan domestik maupun mancanegara yang menginap di KHAS Makassar.

“UMKM corner berada di area lobby, jadi dapat mempermudah tamu untuk membeli buah tangan asli Makassar saat berkunjung ke hotel," ujarnya.

Apalagi, posisi KHAS Makassar dinilai sangat strategis di tengah Kota Makassar dan dekat dengan Pantai Losari serta Pelabuhan Soekarno-Hatta.

HIG sebagai operatorship untuk jaringan hotel milik BUMN yang saat ini mengoperasikan 36 properti terdiri dari 34 hotel, 1 convention center dan 1 lembaga pelatihan yang tersebar di Indonesia.

HIG juga menyediakan 4.736 kamar dan memiliki brand hotel dari bintang tiga hingga bintang lima dengan standar international di Indonesia. Salah satunya adalah brand KHAS, yang merupakan brand hotel bintang tiga dengan mengusung konsep eco-premium yang menawarkan karakteristik khusus dan istimewa dari masing-masing budaya yang dimiliki oleh hotel daerah setempat.

 

Pewarta: Nur Suhra Wardyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023