Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat Muhammad Yusuf mengatakan 6.888 orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di wilayah Kapuas Hulu sudah terpenuhi untuk bertugas di 984 tempat pemungutan suara (TPS) guna menyukseskan Pemilu 2024.

"Januari ini, para calon KPPS akan kami lantik, sekaligus ada bimbingan teknis (Bimtek), terkait pemungutan dan perhitungan suara serta penggunaan sistem informasi rekapitulasi suara agar para petugas KPPS siap ditugaskan dalam Pemilu mendatang," kata Muhammad Yusuf, kepada ANTARA, di Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa.

Menurut Yusuf, petugas KPPS itu nantinya akan ditempatkan di 984 TPS, yang masing-masing TPS terdiri dari tujuh orang petugas KPPS.

Untuk diketahui, Kabupaten Kapuas Hulu memiliki 278 desa dan empat kelurahan tersebar di 23 kecamatan serta memiliki 984 TPS berdasarkan jumlah yang telah ditetapkan KPU Kapuas Hulu guna melayani 193.984 daftar pemilih tetap (DPT).

Dalam seleksi penerimaan KPPS, KPU Kapuas Hulu telah menekankan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk benar-benar selektif untuk menjaga netralitas petugas KPPS terutama pada saat pungut hitung suara di TPS.

Sebagai informasi, lembaga penyelenggara Pemilu yang bersifat independen merupakan amanat dari Undang-undang Dasar (UUD) 1945.

Dalam UUD 1945 itu juga disebutkan bahwa pelaksanaan Pemilu harus berlandaskan pada asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (Luber Jurdil).

"Terkait netralitas KPPS itu sendiri sudah kami antisipasi terutama pada saat seleksi pendaftaran oleh PPS di desa atau pun kelurahan," ucapnya.

Untuk itu, dia berharap semua pihak dan lapisan masyarakat sama-sama mengawal dan mensukseskan penyelenggaraan pemilu serentak pada 14 Februari 2024 mendatang.

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya lagi yaitu semua pihak mesti tetap menjaga keamanan dan ketertiban meskipun berbeda pilihan.

"Kami sangat berharap dan mengajak semua pihak hingga lapisan masyarakat untuk turut serta dan proaktif dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilu di Kapuas Hulu," katanya.


Baca juga: KPU Kapuas Hulu memerlukan 6.888 petugas KPPS Pemilu 2024

Baca juga: KPU Kapuas Hulu sortir - lipat surat suara Pemilu 2024
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024