Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Statis (Satgas Pamtas) RI-PNG Sektor Utara Yonif 122/Tombak Sakti mengajak anak di perbatasan RI-PNG untuk meningkatkan semangat kebangsaan, khususnya bagi anak-anak.

"Ajakan prajurit Satgas Yonif 122/TS itu disampaikan dalam peringatan 'Hari Anak Misioner Sedunia' di Kampung Wambi, Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Papua," kata Dankipur D Lettu Inf Bagus Wira Darmawan dalam keterangannya di Jayapura, Senin.

Menurut dia, kegiatan yang bertemakan "Anak Misioner Jadilah Pembawa Damai, Cinta Tanah Air, Menjadi Generasi Yang Cemerlang bagi Nusa dan Bangsa" itu juga ditandai dengan pemberian kado berisikan perlengkapan sekolah.

"Pemberian perlengkapan sekolah itu bertujuan supaya mereka lebih giat bersekolah guna menimba ilmu pengetahuan sekaligus meningkatkan wawasan kebangsaan," katanya.

Apalagi, prajurit Satgas Yonif 122/TS yang bertugas di sektor utara juga mempunyai tugas tambahan yaitu melaksanakan kegiatan teritorial yang bersifat, membangun, melayani, dan mengayomi masyarakat yang membutuhkan bantuan di tiap-tiap pos.

"Anak-anak tampak antusias mengikuti kegiatan peringatan Hari Anak Misioner Sedunia itu," kata Lettu Inf Bagus Wira Darmawan.

Pihaknya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut dapat memberikan motivasi dan mengajak anak-anak di wilayah perbatasan untuk semangat dalam meningkatkan pendidikan serta memiliki pola pikir yang lebih maju sesuai dengan kemajuan zaman.

"Selain itu mereka juga diharapkan dapat menjaga keutuhan NKRI," Dankipur D Lettu Inf Bagus Wira Darmawan.

Kabupaten Keerom merupakan salah satu wilayah di Tanah Papua yang berbatasan dengan Papua Nugini.

Adapun wilayah yang berbatasan dengan PNG yaitu Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom di Papua, Kabupaten Pegunungan Bintang di Papua Pegunungan dan Kabupaten Merauke serta Kabupaten Boven Digoel di Papua Selatan.


Bagikan Sayuran
Sebelumnya (7/1/2024), Satgas Pamtas Yonif 122/TS Poskotis membagikan hasil ketahanan pangan tanaman berupa sayuran kepada masyarakat Kampung Arso Tami, Distrik Mannem, Kabupaten Kerom, Papua.

Bintara Teritorial Sertu Hermanto dalam siaran pers Penerangan Satgas Yonif 122/TS melaporkan hal tersebut sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat di wilayah perbatasan sekaligus bertujuan untuk mempererat hubungan kekeluargaan dengan masyarakat serta membatu perekonomian keluarga di kampung Arso Tami.

"Ini juga merupakan inisiasi semua anggota di Poskotis untuk bersama-sama menghasilkan ketahanan pangan sebagai sumber makanan warga," katanya.

Seperti yang ditekankan oleh Dansatgas Mayor Inf Diki Apriadi bahwa tugas pokok Satgas Yonif 122/Tombak Sakti ialah menjaga keutuhan wilayah perbatasan darat RI-PNG tetapi juga mempunyai tugas tambahan yaitu seluruhnya prajurit melaksanakan kegiatan teritorial yang bersifat membangun.

"Dan melayani serta mengayomi masyarakat yang membutuhkan bantuan di setiap pos masing-masing," ujar Hermanto.

Dia menjelaskan pihaknya berharap pembagian hasil ketahanan pangan tersebut dapat bermanfaat bagi warga di daerah itu. Pihak berharap semua masyarakat di daerah itu tetap menjaga keamanan dan kenyamanan sehingga aktivitas setiap hari bisa berjalan dengan lancar.

Sementara salah satu warga Kampung Arso Tami, Tibes pihaknya menyampaikan terima kasih kepada anggota Satgas Pamtas RI-PNG yang terus peduli terhadap warga di Kabupaten Keerom khususnya Distrik Mannem.

"Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada personel satgas atas kepedulian yang telah membagi sayuran kepada kami," katanya.

Pewarta: Evarukdijati/Ardiles Lelotery

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024