Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md menilai bahwa relawan memiliki peranan penting dalam pemenangan di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

"Penting, karena relawan itu penyeimbang dari parpol pengusung. Jadi parpol pengusung itu bekerja membawa partai calon presiden dan wapres-nya. Relawan itu bekerja di luar partai dan itu pengaruhnya besar karena mereka lebih cair, tidak terlalu formal," ujar Mahfud di sela pertemuan dengan relawan di Warung Ropang, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu.

Pada pertemuan itu, terlihat sejumlah relawan pasangan calon Ganjar-Mahfud yang siap untuk memenangi Pemilu 2024. Pria yang menjabat sebagai Menko Polhukam itu mengaku senang dengan dukungan dari simpatisan di wilayah Sulawesi Selatan.

Menurut Mahfud, para relawan telah memiliki jaringannya masing-masing di masyarakat sehingga penting sebagai mesin pemenangan dalam Pemilu 2024.

"Jadi pengaruhnya besar bersama partai politik. Relawan itu sayap-sayapnya kan banyak. Kita ada banyak (relawan), kita enggak ngitung. Pokoknya relawan itu salah satu unsur penting," ucapnya.

Ketika ditanya soal target berapa persen suara yang bakal diraih di wilayah Sulawesi Selatan, Mahfud mengharapkan bahwa pasangan Ganjar-Mahfud dapat meraih suara sebanyak-banyaknya di wilayah itu. "Sebanyak-banyaknya. Target saya menang, (Pemilu 2024)," ucapnya.

Terkait perpindahan salah satu relawan Ganjar yang merapat ke capres-cawapres nomor urut 2, Mahfud mengatakan perpindahan tersebut merupakan hal wajar dalam politik.

"Ya ndak apa-apa. Itu manuver-manuver., Itu biasa orang yang namanya politik," ucapnya.

Ia menambahkan, relawan dari pihak lain juga ada yang pindah untuk mendukung ke Ganjar-Mahfud.

"Ada dari sana berbondong-bondong pindah ke saya, ada dari saya ke sana. Itu orang biasa, kan namanya politik. Jangan anda lihat satu, dari sini pindah ke sini ada," ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.



 

Pewarta: Zubi Mahrofi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024