Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat menggelar pameran arsip sejarah terbentuknya dan proses pembangunan Kalimantan Barat kepada ratusan siswa, dalam rangkaian peringatan HUT ke-67 provinsi itu.

"Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian acara pameran arsip yang diadakan oleh dinas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat. Pameran arsip ini berlangsung 29 Januari sampai dengan 2 Februari 2024," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat Sugeng Hariadi, di Pontianak, Senin.

Menurut Sugeng, pameran ini bertujuan untuk memperlihatkan perjalanan terbentuknya Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dari masa ke masa, termasuk profil Gubernur Kalimantan Barat dari masa lalu hingga saat ini, serta capaian pembangunan pemerintah dari tahun ke tahun.

"Kami menampilkan lebih dari 500 koleksi arsip, termasuk koleksi dari kabupaten/kota di Kalimantan Barat," tuturnya.

Meskipun beberapa kabupaten/kota tidak mengirimkan perwakilan, seperti Bengkayang, Melawi, Sambas, dan Sanggau, namun materi arsip mereka tetap dipamerkan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala Lembaga Kearsipan kabupaten/kota yang telah berpartisipasi, dan kami mengundang mereka untuk berpartisipasi dalam pameran kearsipan berikutnya," katanya.

Dalam pameran ini juga diluncurkan Sistem Informasi Kearsipan (SI Arsip), sebuah aplikasi arsip berbasis web yang dapat diakses oleh mahasiswa, pelajar, dan masyarakat umum.

"Kami akan terus mensosialisasikan aplikasi ini agar dapat menjadi sumber belajar dan pengetahuan tambahan bagi semua," tambah Sugeng.

Dokumen arsip yang dipamerkan dilengkapi dengan keterangan untuk memudahkan pemahaman tentang peristiwa yang terjadi dalam arsip tersebut.

Sugeng mengimbau masyarakat, pelajar, dan mahasiswa untuk menghadiri pameran ini jika memiliki waktu luang, karena banyak informasi sejarah tentang pembentukan Kalimantan Barat yang dapat ditemukan di sini.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024