Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua, mengharapkan proses pengadaan barang dan jasa segera berjalan sehingga anggaran cepat terealisasi.

Harapan pengadaan barang dan jasa cepat berlangsung lantaran Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Pemkab Jayapura telah diserahkan Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo ke 54 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) daerah setempat.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Selasa, mengatakan pimpinan OPD yang telah menerima DPA untuk segera menjalankan programnya terutama terkait pengadaan barang dan jasa agar Rencana Umum Pengadaan (RUP) bisa diumumkan.

“Saya harap pengadaan barang dan jasa yang ada pada awal tahun sudah bisa jalan, begitu juga dengan pekerjaan yang membutuhkan waktu cukup panjang juga bisa jalan,” katanya.

Menurut dia, dengan segera dilakukannya lelang pengadaan barang dan jasa oleh OPD, maka secara tidak langsung telah membantu percepatan penyerapan anggaran secara baik dan cepat.

“Semua OPD setelah diserahkannya DPA, maka sudah melaksanakan kegiatan. Namun, kegiatan jangan asal melainkan harus tepat sasaran pada masyarakat,” ujarnya.

Dia menjelaskan sejauh ini ada beberapa OPD yang belum menerima DPA karena beberapa dokumen menyangkut pekerjaan fisik belum diserahkan ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Saya cukup kecewa karena ada OPD belum memenuhi kewajibannya atau surat pertanggungjawaban (SPJ) fisiknya belum masuk sehingga DPA-nya ditahan,” katanya.

Dia meminta OPD yang belum menyerahkan SPJ fisik agar segera menyerahkan sehingga TAPD akan menyusun DPA-nya untuk kemudian diserahkan.

“SPJ segera diserahkan ke TAPD supaya DPA OPD bersangkutan diserahkan untuk program dan kegiatan tahun berjalan dapat dilaksanakan sehingga penyerapan anggaran tepat waktu dan tepat sasaran,” ujarnya.

Pewarta: Yudhi Efendi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024