Kepolisian Resor Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, menurunkan sebanyak 154 personel untuk pengamanan Hari Raya Paskah di daerah tersebut.

"Pengamanan tersebar hingga masing-masing polsek jajaran, terutama pengamanan di lingkungan gereja," kata Kabag Ops Polres Kapuas Hulu AKP Edhi Tarigan, kepada ANTARA di Putussibau Kapuas Hulu, Jumat.

Edhi mengatakan secara umum situasi keamanan di Kapuas Hulu sangat kondusif, masyarakat menjaga keharmonisan, toleransi dan kerukunan antarumat beragama.

Meskipun demikian, keamanan dan ketertiban tersebut harus tetap dijaga, terutama dalam perayaan hari keagamaan.

Menurut Edhi, dalam pengamanan Hari Raya Paskah masing-masing petugas keamanan ditempatkan di gereja dan mengatur keamanan arus lalu lintas.

Selain itu, perayaan Hari Raya Paskah itu juga bertepatan dengan pelaksanaan Operasi Pekat Kapuas 2024 dalam rangka bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri.

"Kami meningkatkan patroli dan menggelar operasi ke sejumlah titik rawan, seperti tempat keramaian dan beberapa titik yang berpotensi terjadinya tindak kejahatan, termasuk titik kumpulan masyarakat hingga larut malam," katanya.

Edhi mengingatkan masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitarnya dari gangguan kamtibmas dan segera melaporkan kepada petugas keamanan terdekat apabila ada hal-hal mencurigakan yang berpotensi menimbulkan tindak kejahatan.

Ia juga mengimbau masyarakat, terutama generasi muda, untuk menghindari perjudian, minum minuman keras, penyalahgunaan narkoba, prostitusi, pencurian, dan tindak kejahatan lainnya.

"Mari kita jaga bersama keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat, pererat kerukunan, keharmonisan, rasa persaudaraan serta toleransi antarumat beragama," ujarnya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024