Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat memastikan kendaraan angkutan mudik Lebaran telah melalui uji kelayakan guna menjaga keselamatan penumpang.
 
"Kendaraan angkutan yang telah berangkat mudik ini sudah dapat dikatakan layak semua," ujar Kadishub Kubu Raya, Odang Prasetyo, di Sungai Raya, Selasa.
 
Ia menyampaikan jika pihaknya rutin melakukan uji kelayakan atau kir dengan rata-rata 30 hingga 40 kendaraan per harinya.
 
"Uji kir di Dishub Kubu Raya rutin dilaksanakan, rata-rata kendaraan yang uji kelayakan di tempat kami 30 hingga 40 kendaraan per hari," tambahnya.
 
Odang menuturkan ribuan kendaraan umum dan barang melakukan uji kelayakan di Dishub Kubu Raya setiap tahunnya dengan rata-rata sekitar sembilan ribu kendaraan per tahunnya.
 
Selain melakukan uji kelayakan, pihaknya juga giat mengingatkan kepada para pemilik travel, awak kendaraan dan lainnya untuk segera melihat kembali kelayakan kendaraan mereka.
 
"Menjelang Lebaran kita intensifkan lagi untuk uji kelayakan dan rutin dilakukan. Ada penambahan personel yang ditugaskan untuk mengingatkan kepada awak kendaraan agar segera melihat kembali apakah kendaraan mereka layak untuk jalan atau tidak," jelas Odang.

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024