Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin pada momen Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah mengajak masyarakat untuk terus menghidupkan spirit Ramadhan baik dalam diri maupun kehidupan sehari-hari.

"Di hari yang fitri ini, saya mengajak kita semua untuk terus menghidupkan spirit Ramadhan dalam diri dan kehidupan kita, yaitu semangat hidup yang penuh kasih dan murah hati, baik kepada sesama umat manusia maupun dengan lingkungan," kata Wapres Ma'ruf Amin lewat tayangan video ucapan Idul Fitri yang dipantau dari kanal YouTube Wapres RI di Jakarta, Selasa.

Selain itu Wapres juga menyerukan kepada masyarakat menyalakan semangat untuk terus berubah, berkontribusi, serta menciptakan perbaikan-perbaikan yang akan mendorong kemajuan.

Dalam kesempatan tersebut Wapres juga mengucapkan selamat kepada masyarakat yang melaksanakan mudik ke kampung halaman.

"Bagi para pemudik, saya ucapkan selamat mudik semoga lancar dan tidak ada halangan apapun di perjalanan. Selamat berkumpul dengan keluarga sanak saudara dan kerabat di kampung halaman," kata Wapres.

Wapres juga mengajak masyarakat untuk mendoakan mereka yang tidak dapat merayakan Idul Fitri dalam keadaan damai dan aman.

"Kepada saudara-saudaraku umat Islam di tanah air dan di berbagai penjuru dunia, saya mengucapkan selamat Idul Fitri 1445 Hijriah. Selamat atas kemenangan setelah melaksanakan ibadah Ramadhan dengan sepenuh hati dan kesungguhan. Semoga seluruh amal ibadah kita diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta'la," ucap Wapres.

Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Saiful Rahmat Dasuki memperkirakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah akan jatuh pada Rabu (10/4).

Perkiraan tersebut dikemukakannya berdasarkan ijtimak yang dilakukan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI yang mencatat kondisi ketinggian hilal berkisar antara 4 derajat 52,7 menit sampai 7 derajat 37,8 menit dan elongasi berkisar antara delapan derajat 23,68 sampai 10 derajat 12,94 menit.

Sedangkan, menurut kriteria Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura atau MABIMS, angka tersebut telah memenuhi kriteria visibilitas hilal atau imkanu rukyat dengan tinggi hilal tiga derajat dan sudut elongasi sebesar 6,4 derajat.

"Jadi, diprediksi kita akan menyelenggarakan shalat Idul Fitri pada esok hari tanggal 10 April 2024, bertepatan dengan 1 Syawal 1445 Hijriah," kata Wamenag dalam konferensi pers terkait penyelenggaraan ibadah Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa.

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024