Stan Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), memamerkan makanan khas daerah seperti sotong pangkong dan Kopi Aming di Indonesia City Expo (ICE) pada pertemuan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Balikpapan, Kalimantan timur.

"Stan Kota Pontianak menampilkan berbagai macam produk khas kuliner, termasuk sotong pangkong dan Kopi Aming, beserta produk kerajinan tangan dari UMKM," ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak Ani Sofian saat dihubungi di Balikpapan, Selasa.

Ia menjelaskan Kopi Aming memang sudah dikenal luas di kalangan penikmat kopi. Tidak hanya di Pontianak atau Kalimantan Barat, Kopi Aming menyebar luar di beberapa kota di Indonesia. Bahkan Presiden Joko Widodo pernah beberapa kali mampir di warung Kopi Aming saat berkunjung ke Pontianak.

“Mudah-mudahan Kopi Aming juga membuka cabang di Balikpapan, sehingga tidak hanya dikenal di Kota Pontianak tetapi menyebar luas hingga kabupaten/kota se-Indonesia. Begitu juga sotong pangkong sudah terkenal luas,” tutur Ani Sofian.

Dalam pameran terbesar yang diikuti seluruh kota se-Indonesia ini, Kota Pontianak menampilkan berbagai kerajinan karya para perajin Kota Pontianak seperti kain tenun corak insang, tanjak, tas etnik, aksesoris khas Pontianak, dan lainnya. Selain itu ada pula kuliner khas Pontianak seperti produk olahan lidah buaya dan makanan ringan.

“Kami ingin para pengunjung yang datang ke stan Kota Pontianak bisa mendapatkan produk-produk UMKM khas Pontianak, bahkan bukan tidak mungkin akan menarik minat mereka untuk berkunjung ke kota kita,” katanya.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024