PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (PLN UIP Kalbagbar) melibatkan berbagai pihak termasuk komunitas, Dinas LH dan Dinas PUPR Kota Pontianak serta masyarakat warga Kampung Caping untuk membersihkan Sungai Kapuas di Pontianak dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

“Sejatinya program ini adalah program nasional dan dari tahun ke tahun sudah melaksanakan program peduli lingkungan setiap 5 Juni,” ujar Senior Manager Perizinan Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP Kalbagbar, Dicky Saputra di Pontianak, Rabu, 05/06

Ia mengatakan untuk tahun-tahun sebelumnya sudah dilaksanakan kegiatan serupa namun untuk tahun ini ada sedikit perbedaan baik lokasi dan keterlibatan stakeholder.

“Tahun ini kita berbeda, kita lakukan secara serentak pada 54 titik di seluruh Indonesia pada tanggal 3-5 Juni 2024 dan salah satunya Kampung Caping ini,” ucapnya.

Ia menjelaskan kegiatan ini berguna sebagai ajakan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar.

“Pihaknya selain bertugas membangun infrastruktur ketenagalistrikan, kami juga memiliki tugas ikut serta dalam menjaga lingkungan hidup,” tuturnya.

Ia mengatakan bahwa PLN selain menjadi penyedia listrik bagi negara dan masyarakat pihaknya juga memiliki misi untuk ikut serta menjaga lingkungan.

“Besar harapan saya masyarakat dan pihak-pihak lain ikut serta menyukseskan misi kami dalam menjaga lingkungan sekitar,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Akademi Ide Kalimantan, Beny Than Heri menyampaikan untuk kegiatan hari ini mereka tergabung dari beberapa elemen.

“Kita tergabung dari berbagai elemen hari ini, 40 persen dari masyarakat Kampung Caping, 40 persen dari PLN, dan sisanya gabungan dari Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Akademi Ide Kalimantan dan relawan lainnya," kata dia.

Ia menjabarkan kegiatan yang dilakukan saat ini adalah salah satu bentuk menjaga kebersihan lingkungan terutama sungai.

“Kita hidup tidak bisa jauh dari air dan salah satu sumber air PDAM adalah air Sungai Kapuas maka daripada itu hendaknya kita menjaga kebersihan sungai,” tuturnya.

Ia menjelaskan pentingnya menjaga sungai tetap bersih karena sungai adalah salah satu penopang kehidupan terutama bagi warga kampung caping.

“Selain dimanfaatkan sebagai konsumsi sungai di sini sebagai wisata sebab Kampung Caping adalah salah satu tempat wisata di Pontianak, "kata dia

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024