Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menunjukkan hasil positif dan memberikan peluang mahasiswa untuk mengenal bidang jurnalistik. Dengan selesainya masa magang mahasiswa dari program studi pendidikan bahasa Indonesia dan pendidikan sejarah FKIP Universitas Tanjungpura (UNTAN) di LKBN Antara Biro Kalimantan Barat.

"Program studi pendidikan bahasa Indonesia telah lama mengirim mahasiswa untuk magang di Kantor Berita Antara dan sudah memberikan manfaat yang signifikan, terutama dalam bidang jurnalistik,"ujar Ahmad Rabi'ul Muzammil, Dosen Pembimbing Lapangan sekaligus Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UNTAN di Pontianak,Sabtu.

Muzammil menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada LKBN Antara Biro Kalbar yang telah mengizinkan mahasiswa FKIP UNTAN magang disni selama kurang lebih empat bulan lamanya, terhitung dari Februari hingga Juni 2024.

"Program magang ini memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk terjun langsung ke dunia jurnalistik dan mengasah keterampilan menulis berita,"ujar Muzammil

Mewakili Kepala Perum LKBN Antara Biro Kalbar, salah satu mentor magang, Rendra Oxtora, menyatakan bahwa kehadiran mahasiswa magang sangat membantu kami disini. Mahasiswa terlibat dalam berbagai kegiatan, termasuk liputan dan wawancara langsung di lapangan.

"Semoga ilmu yang didapat selama magang di sini dapat bermanfaat di masa depan dan dapat diaplikasikan dengan baik,"ujar Rendra.

Selain itu, Kepala Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UNTAN yang juga menjadi dosen pembimbing lapangan Andang Firmansyah, menambahkan bahwa ini adalah pertama kalinya mahasiswa dari program studi Sejarah melakukan magang di LKBN Antara. Meskipun demikian, performan yang sudah ditunjukkan mahasiswa sejarah sangat baik.

"Semoga program studi pendidikan sejarah dapat terus bekerja sama dengan LKBN Antara Biro Kalbar, mengingat adanya mata kuliah jurnatik dan penulisan kreatif Kesejarahan yang relevan dengan kegiatan magang di sini,"ungkapnya.

Pewarta: Lia

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024