Rutan Kelas II Pontianak, Kalimantan Barat menyembelih 13 hewan kurban untuk dibagikan kepada 1.005 warga binaan dan tahanan serta masyarakat dengan melibatkan warga Rutan.
 
"Idul Adha 1445 Hijriah Rutan Kelas II Pontianak menyembelih belasan hewan kurban untuk dibagikan kepada 1.005 warga binaan dan tahanan," ujar Ketua Panitia Kurban sekaligus Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIA Pontianak, Cairani Ramadhan di Pontianak, Selasa.
 
Cairani mengatakan terdapat tiga ekor sapi dan sepuluh kambing yang dikurbankan di Rutan Pontianak.
 
Hewan kurban tersebut berasal dari pegawai, dan juga sebagian besar hewan kurban tersebut berasal dari warga binaan dan tahanan yang menunaikan ibadah kurban.
 
"Nanti daging hewan kurban ini akan dibagikan ke masyarakat, selain itu juga ke warga binaan dan tahanan, jadi akan dimasak dulu, dan semua warga binaan nanti akan makan bersama," ujarnya.
 
Ia mengatakan pada Idul Adha 1445 Hijriah, Rutan Pontianak melibatkan warga binaan dalam kepanitiaan dengan semangat gotong royong dan mereka memanfaatkan Idul Adha ini sebagai momentum untuk saling memberi sesama dengan menyembelih hewan kurban.
 
"Sejumlah warga binaan terlihat fokus memotong - motong daging, ada di antara lainnya yang membantu menyembelih serta menguliti hewan yang baru disembelih," kata Cairani.
 
Pihaknya berharap dengan keterlibatan para warga binaan dan tahanan, mereka dapat meresapi nilai-nilai ibadah pada Hari Raya Idul Adha dan selain itu diharapkan pula melalui momentum ini dapat terjalin keakraban dan kebersamaan antara warga binaan maupun tahanan serta petugas Rutan Pontianak.
 
"Momentum pada tahun ini kebersamaan, karena kita tidak melibatkan orang dari luar, jadi hanya melibatkan petugas dan warga binaan, sehingga untuk keakraban serta kebersamaan bisa lebih di rasakan," tuturnya.
 

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024